Syarat Pohon Induk yang Baik untuk Dicangkok

Mencangkok merupakan alternatif terbaik untuk mendapatkan tanaman yang berbuah lebih cepat. Karena itu, cangkok adalah dasar perkembangbiakan tanaman secara vegetatif.

Dalam mencangkok tanaman buah, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu terkait syarat pohon induk yang baik untuk dicangkok, sehingga akan menghasilkan bibit cangkok yang lebih berkualitas.

Adapun syarat pohon/tanaman induk yang baik untuk dicangkok yaitu berasal dari tanaman induk yang produktif, artinya selama masa hidupnya sudah berkali-kali menghasilkan buah yang lebat, pertumbuhan tanaman bagus, kualitas tumbuh serta menghasilkan bunga+penyerbukannya baik (artinya tidak ada bunga yang gagal menghasilkan buah sewaktu terjadi penyerbukan). Syarat lainnya yaitu, pastikan batang tanaman yang dicangkok kuat dan setidaknya memiliki 2-3 cabang utama. Tinggi maksimal tanaman yang baik dicangkok adalah 2 meter, dengan umur minimal yaitu 3 tahun ke atas. Semakin tua usia tanaman yang hendak dicangkok, maka peluang keberhasilan mencangkok akan semakin tinggi.

Buah Mangga Hasil Cangkok
Buah Mangga Hasil Cangkok Berbuah Lebat dan Unggul, photo by: tipspetani.com

Pohon induk yang akan dicangkok juga harus terbebas dari hama dan penyakit. Keberadaan hama dan penyakit ternyata bisa menjadi indikator bahwa tanaman induk kurang unggul, sehingga generasi selanjutnya pun akan dipastikan rentan terhadap penyakit/hama.

Dalam mencangkok, ada satu hal yang sangat penting juga yaitu memastikan bahwa kambium harus dibersihkan/dikeringkan, sebelum batang tanaman yang dicangkok akan diberi media tanah. Selain itu, gunakan pisau/curter tajam yang steril atau tidak karatan. Untuk media cangkok, sebaiknya gunakan campuran antara tanah liat dengan abu sekam padi/pupuk kandang untuk hasil yang lebih optimal. Pupuk kandang yang baik adalah pupuk dari kotoran kambing/ayam yang telah dikeringkan. Untuk pembungkus media tanam bisa menggunakan serabut kelapa atau menggunakan plastik transparan berwarna putih yang dilubangi kecil-kecil dipermukaannya agar mudah dalam pengamatan perkembangan tumbuh akarnya. Lakukan penyiraman secara rutin dan pastikan media tanahnya tetap lembab agar pertumbuhan akarnya tetap berjalan cepat.

Mencangkok bisa anda lakukan sendiri di kebun anda, atau jika tidak ada kesempatan waktu, sebenarnya banyak sekali kios-kios penjualan tanaman yang menjual bibit cangkok, baik itu bibit cangkok mangga, belimbing, rambutan, jeruk, jambu, bibit cangkok durian, dan lain sebagainya. Saat membeli tanaman cangkok, anda juga harus selektif dan benar-benar mendapatkan bibit sesuai harapan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *