Sumber Air & Fungsi Air dalam Bidang Agronomi

Sumber air:

Sumber utama air yang tersedia baik untuk pertanian atau untuk konsumsi manusia diperoleh dari curah hujan berupa curah hujan atau hujan salju. Air dari curah hujan mengalir melalui sungai dan sungai atau mengumpulkan di permukaan depresi membentuk tank atau kolam. Air sungai yang tersimpan di waduk atau dialihkan secara langsung melalui sistem saluran irigasi. AirĀ  yang tersimpan dalam tangki atau kolam juga diatur untuk irigasi melalui sistem pengangkutan yang sesuai. Bagian dari curah hujan tersebut disimpan sebagai air tanah.

Cara Penentuan Arah Bedengan yang Baik dan Benar
Sebagian besar tumbuhan menyerap air dan unsur hara dalam jumlah sebanding. (tipspetani.com)

Dari curah hujan tahunan 400 (m. Ha. M) sekitar 215 (m. Ha m) masuk ke dalam tanah. Sebagian besar darinya sekitar 165 (m. Ha. M) dipertahankan sebagai kelembaban tanah, yang terpenting untuk pertumbuhan vegetasi. Hanya setelah tanah menyerap air ke kapasitas lapangan, air mulai meresap ke meja air dan menambah reservoir air tanah.

Fungsi air:

Kepentingan ekologis:

Distribusi vegetasi di atas permukaan bumi dikendalikan oleh ketersediaan air daripada faktor tunggal lainnya. Di daerah curah hujan yang lebat, vegetasi flush (hutan) diamati.

Penting secara fisiologis:

Pentingnya ekologis air adalah hasil dari kepentingan fisiologis.

  • Ini adalah penyusun protoplasma:
    Air sama pentingnya secara kuantitatif dan secara kualitatif dengan komposisi 80 sampai 90 persen berat segar sebagian besar bagian tanaman herba dan 50 persen dari berat segar tanaman berkayu.
  • Ini adalah pelarut yang sangat bagus:
    Air bertindak sebagai pelarut di mana gas, mineral (nutrisi tanaman) dan zat terlarut lainnya dilarutkan. Nutrisi tumbuhan terlarut diserap oleh Plant melalui larutan tanah. Ini bertindak sebagai pembawa nutrisi makanan.
  • Ini adalah reagen:
    Air bertindak sebagai reagen dalam banyak proses penting, seperti fotosintesis dan hidrolisis pati dan gula.
  • Ini mempertahankan turgidity tanaman (tekanan turgor pada tanaman):
    Pemeliharaan turgidity sangat penting untuk pembesaran dan pertumbuhan sel. Turgidity juga penting dalam pembukaan stomata pada daun, pergerakan daun, bunga, kelopak bunga dll.
  • Ini mengendalikan suhu tanaman dan tanah.
  • Ini adalah bagian utama dari tumbuhan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *