Solusi Mengatasi Tanaman Cabe yang Layu (Layu Fusarium)

Seringkali para petani cabe mengalami ketidakstabilan dalam penanaman cabe. Terkadang produksi buah menurun karena berbagai jenis hama dan penyakit yang menyertainya. Salah satu jenis penyakit pada tanaman cabe adalah layu fusarium. Silakan baca juga: Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Tomat dan Cabe Hortikultura serta Penanganannya.

Morfologi Tanaman Cabe
Morfologi Tanaman Cabe Sangat Subur Tanpa Penyakit Layu Fusarium. (KPCI).

Layu pada tanaman cabe itu disebabkan oleh jamur Fusarium sp. Jamur ini biasanya akan muncul karena pupuk kandang yang tidak melalui proses fermentasi. Cara untuk mencegahnya, anda bisa membeli jamur Tricoderma yang dijual di pasaran (di toko pertanian). Harga jamur tricoderma memang agak mahal, tapi anda membuatnya sendiri, sebab teknik/caranya sangat gampang dan pasti bisa.

Cukup anda siapkan nasi yang mau busuk atau sudah semalaman. Kemudian masukkan nasi tersebut pada belahan bambu yang masih hijau (di ruasnya) kemudian ikat sampai rapat. Selanjutnya timbun di tanah yang subur, dan tunggu sampai satu minggu. Jika sudah muncul jamur seperti jamur tempe, maka jamur itu siap disemprotkan pada tanah, pupuk kandang. Lalu setelah itu aplikasikan pada tanaman yang terkena layu fusarium tersebut. Mudah-mudahan setelah satu pekan aplikasi, hasil tanaman cabe tidak layu lagi. Selamat mencoba semoga berhasil. Silakan baca juga: Cara Mengatasi Daun Pepaya Menguning Karena Hama dan Penyakit.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *