Siklus Nitrogen: Nitrifikasi & Pengurangan Nitrat

Beberapa langkah biokimia yang terlibat dalam siklus/daur nitrogen diantaranya adalah:
1. Proteolisis
2. Ammonifikasi
3. Nitrifikasi
4. Pengurangan nitrat dan
5. Denitrifikasi.

3. Nitrifikasi:

Ammonical nitrogen / amonia dilepaskan saat ammonifikasi dioksidasi menjadi nitrat dan prosesnya disebut “nitrifikasi”. Kondisi tanah seperti tanah yang diangin dengan baik yang kaya kalsium karbonat, suhu di bawah 30 ° C, PH netral dan bahan organik kurang menguntungkan nitrifikasi di tanah.

Faktor frekuensi irigasi
Frekuensi irigasi dan peningkatan jumlah mikroba baik di dalam tanah yang tepat pada jagung meningkatkan kualitas buah dan tanamannya (tipspetani.com)

Nitrifikasi adalah proses dua tahap dan setiap tahap dilakukan oleh kelompok bakteri yang berbeda sebagai berikut.

Tahap I: Oksidasi amonia nitrit disebabkan oleh bakteri pengoksidasi amonia. Bakteri Nitrosomnonas europaea, Nitrosococcus nitrosus, Nitrosospira briensis, Nitrosovibrio sp. dan Nitrocystis sp. dan prosesnya dikenal sebagai nitrosifikasi. Reaksi disajikan sebagai berikut.

2 NH3 + 1 / 2O2 ——————-> NO2 + 2 H + H2 O
(Amonia)                                                 (Nitrit)

Tahap II: Pada tahap kedua nitrit dioksidasi menjadi nitrat oleh bakteri pengoksidasi nitrit seperti Nitrobacter winogradsky,Nitrospira gracilis, Nirosococcus mobiiis, dll, dan beberapa jenis jamur (misalnya Penicillium sp., Aspergillus sp.) dan actinomycetes (misalnya Streptomyces sp, Nocardia sp.).

NO2 (-) + ½ O2 ———————-> NO3
(Ion nitrit)                                                (ion nitrat)

Dengan demikian, nitrat yang terbentuk dapat digunakan oleh mikroorganisme, diasimilasi oleh tanaman, dikurangi menjadi nitrit dan amonia atau gas nitrogen atau hilang melalui pelindian tergantung pada kondisi tanah. Bakteri nitrifikasi (ammonia oxidizer dan nitrite oxidizer) bersifat aerobik gram negatif dan kemoautotropik dan merupakan penghuni umum tanah, limbah dan lingkungan air.

4. Pengurangan Nitrat:

Beberapa bakteri heterotrofik (E. coli, Azospirillum sp.) mampu mengubah nitrat menjadi nitrit dan nitrit menjadi amonia. Dengan demikian, proses nitrifikasi dibalik sepenuhnya yang dikenal sebagai pengurangan nitrat. Pengurangan nitrat biasanya terjadi pada kondisi tanah anaerobik (tanah air bekas) dan keseluruhan prosesnya adalah sebagai berikut:

HNO3 + 4 H2 ——————–> NH4 + 3 H20
Nitrat                  Nitrat reduktase                 ammonium

Pengurangan nitrat yang menyebabkan produksi amonia disebut “pengurangan nitrat disimilasi” karena beberapa mikroorganisme mengasimilasi amonium untuk sintesis protein dan asam amino. Silakan baca juga referensi terkait berikut: Siklus Nitrogen: Proteolisis & Ammonifikasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *