Pupuk Terbaik Untuk Tanaman Jeruk Nipis

Dalam budidaya jeruk nipis, ternyata pemupukan merupakan faktor penentu banyaknya hasil panen jeruk nipis yang diperoleh.

Selama masa hidupnya, tanaman/pohon jeruk nipis harus mendapat pemupukan secara intensif, mulai dari penanaman awal, umur 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, serta sampai umur 12 bulan, pemupukan tiap 6 bulan sekali pada waktu-waktu berikut setelah tanaman berumur di atas 1 tahun.

Adapun macam-macam pupuk yang paling cocok untuk pohon jeruk nipis agar berbuah lebat diantaranya yaitu: pupuk kandang dari kotoran ayam dikeringkan terlebih dahulu, NPK Phonska, pupuk KCL, pupuk Urea, serta Pupuk SP-36. Dari kelima jenis pupuk tersebut banyak mengandung unsur hara dibutuhkan pohon jeruk nipis, yaitu unsur Nitrogen (N), Phosfor (P), serta Kalium (K).

Pohon Jeruk Nipis Berbuah di Kebun

Pohon Jeruk Nipis Berbuah di Kebun. Photo Original: Wahid Priyono (tipspetani.com).

Untuk usia tanam 0 – 1 bulan, maka sebaiknya pupuk yang diberikan pada tanaman jeruk nipis hasil cangkok yakni pupuk kandang dari kotoran ayam kering, berikan setidaknya 1 kg pupuk kotoran tahi ayam kering/tanaman yang dimasukan dalam lubang penanaman lalu tutup dengan tanah disekitaran.

Di usia 1 – 2 bulan berikan sebanyak 1 kg pupuk KCL/tanaman (lakukan dua kali pemupukan), umur 2 – 3 bulan jeruk nipis dipupuk dengan SP-36, sebanyak 1 kg (lakukan dua kali pemupukan juga), pada umur tanaman jeruk 3 – 7 bulan berikan pupuk Urea sebanyak 1 kg (lakukan sebanyak 3 kali pemupukan), dan di umur tanaman jeruk di atas 7 bulan berikan saja pupuk phonska padat sebanyak 1 kg, berikan setiap 2 bulan sekali. Masing-masing pupuk KCL, SP-36, Urea, serta pupuk phonska saat pemberian pupuknya dengan terlebih dahulu membuat larikan kecil mengelilingi tanaman, lalu pupuk tersebut diletakan pada larikan+tutup larikan dengan tanah di sekitarnya.

Selain pemupukan, imbangi juga pemupukan dengan penyiraman. Pastikan tanaman jeruk nipis dalam perawatan yang benar. Semoga informasi tentang perawatan jeruk nipis tahap pemupukan sederhana di atas berguna untuk anda. Silakan baca: Apakah Pupuk Kotoran Ayam Baik Untuk Tanaman Budidaya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *