Pupuk Kotoran Ternak Untuk Tanaman Budidaya Pertanian

Banyak sekali jenis pupuk ternak yang membantu petani dalam mendongkrak hasil budidaya pertanian mereka. Pupuk kandang bermanfaat sekali bagi tumbuh kembang tanaman karena mengandung banyak sekali unsur hara yang dibutuhkan, misalnya ada unsur hara makro dan unsur hara mikro.

Beberapa jenis pupuk ternak diantaranya adalah pupuk kandang dari kotoran ayam, kotoran sapi, hewan unggas, kotoran kambing, dan lain sebagainya. Pupuk kandang tergolong jenis pupuk organis yang bagus untuk diberikan pada tanaman di masa pertumbuhan dan perkembangan.

Tanaman Cabe Subur  Diberi Pupuk Kandang
Tanaman Cabe Subur  Diberi Pupuk Kandang, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Akan tetapi, menurut pengalaman saya pribadi, jenis pupuk yang paling bagus untuk diberikan pada tanaman yaitu pupuk kandang dari kotoran ayam sebab banyak mengandung unsur hara Nitrogen (N) dan Kalium (K) yang sangat tinggi. Unsur hara tersebut banyak dibutuhkan tanaman, terutama untuk memberikan kecepatan tumbuh pada organ tanam, seperti pada daerah meristematik akar, meristematik ujung batang, serta di daerah jaringan parenkim.

Maka dari itulah, saya merekomendasikan kepada para bapak dan ibu tani untuk terus mencoba dan bereksperimen tentang jenis pupuk yang paling bagus dalam budidaya tanaman. Semuanya berawal dari mencoba, dan apabila sudah mendapatkan hasil yang pas, jangan lupa untuk terus dipertahankan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *