Pupuk Cabe Rawit Agar Cepat Berbuah Lebat

Tanaman cabe dalam masa hidunya selalu membutuhkan nutrisi untuk keberlangsungan tumbuh dan kembangnya. Nutrisi pada tanaman cabe diserap dari dalam tanah kemudian diangkut oleh tanaman melalui pembuluh xilem pada akar ke seluruh bagian organ tanaman.

Nutrisi pada tanaman cabe harus seefektif mungkin diberikan pada tanaman sejak awal masa penyemaian bibit hingga tanaman berada dalam masa perawatan, hingga menghasilkan bunga dan buah dalam jumlah yang banyak.

Tanaman Cabe Sehat
Tanaman Cabe Sehat, Photo Kontributor by: Muslehudien.

Adapun jenis pupuk organik dan anorganik yang digunakan yaitu. Untuk pupuk organik gunakan saja jenis pupuk dari kotoran ternak yaitu yang paling bagus adalah pupuk kandang dari kotoran ayam yang dikeringkan. Di dalam pupuk kandang terdapat unsur hara penting yaitu Nitrogen (N), Molibdenum, Magnesium (Mg), unsur Karbon (C), unsur Oksigen (O), dan beberapa substansi mineral lainnya.

Gunakan juga pupuk paling bagus untuk pertumbuhan tanaman cabe rawit, yaitu gunakan pupuk phonska. Pupuk phonska ini sangat bagus dan beberapa petani cabe profesional di Indonesia telah merekomendasikan jenis pupuk ini untuk membuat tanaman cabe lebih sehat, kuat, dan berbuah banyak.

Pohon Cabe Berbuah Lebat dengan Phonska Cair
Pohon Cabe Berbuah Lebat dengan Phonska Cair, Photo by: Muslehudien.

Itulah tadi jenis pupuk phonska yang paling bagus untuk tanaman cabe rawit. Namun, ada juga pupuk anorganik jenis lainnya yang paling sering ditambahkan pada tanaman yaitu pupuk KCL, Urea, TSP, NPK-Mutiara, dan lain sebagainya.

Ingat bahwa, dalam pemberian pupuk organik maupun anorganik harus tetap melihat umur tanaman serta dosis yang sesuai anjuran.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Salam budidaya pertanian. Ayo berkebun dan menanam.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *