Penyiraman Cabe yang Baik dan Tepat untuk Produksi Buah Lebat

Penyiraman dalam budidaya cabe merupakan teknik perawatan tanaman yang memang harus dilakukan secara tepat dan terencana, sehingga hasilnya lebih optimal.

Sebelum melakukan penyiraman, maka sebaiknya bisa melakukan pendangiran dan penyiangan terlebih dahulu, agar selain lahan tanam menjadi bersih terbebas dari gulma, juga tanahnya menjadi gembur.

Semakin sering tanaman mendapatkan perwatan penyiraman yang baik, benar, dan tepat, serta terencana matang, maka peluang tanaman untuk menghasilkan buah yang lebat akan tercapai.

Tanaman Cabe
Tanaman Cabe dalam Masa Pertumbuhan Penting dilakukan Penyiraman, Photo kontributor: KPCI.

Sebagai pengantarnya, bahwa dalam budidaya cabe, waktu yang paling tepat untuk melakukan penyiraman adalah pagi atau sore hari setelah waktu ashar, hal ini sangat baik dan mencegah tanaman cabe dari kemungkinan terjadinya kematian karena proses adaptasi beberapa tanaman cabe yang kurang baik.

Langkah penyiraman pohon/tanaman cabe yang baik, benar, dan tepat yaitu:

  • Siapkan air bersih yang tidak tercemar oleh polutan cair, limbah, dan senyawa toksik yang terlarut di dalam air;
  • Ambil gayung dan masukan air ke dalam gayung;
  • Siram masing-masing tanaman, jadi untuk satu tanaman dewasa (umur 30 hst) bisa diberikan air satu gayung;
  • Pastikan semua tanaman tersirami dengan baik, sehingga hasilnya akan optimal;
  • Pada tanaman cabe di bawah umur 30 hst, maka penyiraman bisa 1/2 gayung besar, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan lahan yang ada. Artinya, apabila lahan tanam kering, maka bisa ditingkatkan frekuensi penyiraman, sehari bisa 2 kali penyiraman.
  • Penyiraman sebaiknya dilakukan secara teratur sampai tanaman benar-benar sehat, subur, dan mampu menghasilkan bunga dan buah yang lebat.

Memang dalam penyiraman ini harus dilakukan secara sabar, tekun, dan telaten, untuk hasil tanam cabe yang jauh lebih optimal. Tidak ada yang namanya usaha menghianati hasil. Proses yang baik insya Allah akan memperoleh hasil yang baik pula. Selamat bereksperimen, jangan lupa baca juga: Jadwal Pemupukan Pada Tanaman Cabe Sesuai Anjuran yang Baik dan Benar Sesuai Petunjuk Petani Profesional.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *