Penyebab Batang CABE Kecil Kekurangan Unsur Hara Apa?

Kekurangan unsur hara (defisiensi hara) pada tanaman adalah hal yang paling umum terjadi, akan tetapi hal tersebut sudah umum dialami oleh petani yang memang pekerjaan sehari-hari mereka adalah mengurusi tanaman budidaya di kebun mereka.

Apabila tumbuhan kekurangan unsur hara tertentu maka bisa jadi tanaman akan mengalami tanda-tanda tidak wajar, misalnya tanaman rentan mengalami kerontokan pada organ daun, bunga, bahkan hingga pada organ bunga dan buahnya.

Akibat tanaman kekurangan unsur hara, bisa berefek negatif terhadap organ akar tanaman menjadi tidak kokoh sehingga tanaman mudah roboh juga disebabkan karena tanaman kekurangan fitohormon tertentu. Karena kombinasi unsur hara yang harus ada pada tanaman amat penting untuk menjaga fisiologis tanaman agar tetap stabil.

Tanaman Cabe Dengan Pertumbuhan Buruk, Buahnya Jarang, Batang Kecil

Tanaman Cabe Dengan Pertumbuhan Buruk, Buahnya Jarang, Batang Kecil, Photo Original by: Wahid Priyono (guruilmuan.blogspot.co.id).

Pada beberapa tanaman, misalnya pada tanaman cabe, seringkali para petani dibuat bingung dengan keadaan batang tanaman cabe kecil/kerdil serta pertumbuhannya sangat lambat, sehingga jika hal ini dibiarkan maka hasil panen akan menjadi tidak optimal.

Ada alasan mengapa batang cabe kecil dengan pertumbuhan terllau lambat yaitu tanaman cabe mengalami kekurangan unsur hara Nitrogen (N), kekurangan Kalsium (Ca), serta kekurangan unsur hara mineral dari golongan Kalium (K) dan Magnesium (Mg). Kekurangan keempat unsur hara tersebut dapat menyebabkan batang tanaman menjadi lebih rapuh/mudah patah, akar tanaman menjadi tidak kokoh, daun mudah mengalami nekrosis dan klorosis sebab kekurangan unsur Nitrogen.

Faktor lainnya yang menyebabkan batang cabe menjadi kecil karena bisa jadi perawatan tanaman yang kurang serius, seperti faktor penyiraman tanaman kurang maksimal, tanaman tidak dilakukan pendangiran, kurangnya pemberian pupuk di awal tanam (pupuk dasar dari kotoran ternak), atau bisa juga faktor tanaman cabe terserang hama dan juga penyakit yang disebabkan jamur penyerang batang tanaman cabe. Sebagai solusi, baca: 5 Teknik Perawatan Tanaman Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Solusi jika tanaman cabe yang telah anda budidaya mengalami gejala batangnya menjadi kecil maka saya merekomendasikan anda untuk menggunakan pupuk anorganik menjelang tanaman berbuah. Usahakan saat membelinya, maka pupuk anorganik tersebut harus mengandung unsur hara seperti Mg, Ca, K, P, dan N seperti yang saya sebutkan di atas. Pupuk phonska cair juga bisa menolong para petani yang mempunyai tanaman cabe yang mengalami gejala batangnya kecil dan pertumbuhannya sangat lama, silakan baca juga referensi berikut: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe.

Untuk pemupukannya anda juga bisa mengikuti prosedur pada artikel yang pernah saya tulis berikut ini, baca dan klik: Jadwal Pemupukan Pada Tanaman Cabe Sesuai Anjuran Yang Benar.

Semoga informasi di atas berguna untuk anda. Selamat mempraktekan, semoga berhasil.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *