Penggemburan Lahan Tanam Cabe melalui Kegiatan Pendangiran

Sebagai patokan anda untuk sukses dalam budidaya cabe adalah dengan cara memastikan bahwa lahan tanam cabe memiliki ketercukupan unsur hara di dalamnya, termasuk tekstur tanah harus terkomposisi secara merata dengan unsur hara tertentu yang sangat dibutuhkan oleh tanaman cabe.

Penggemburan tanah (pendangiran) menjadi faktor penting sebagai upaya untuk menjaga retensi unsur hara agar keberadaannya tetap di dalam tanah, menjaga kelembaban tanah dan pH tanah agar stabil, serta agar pengangkutan/transportasi air, garam-garam mineral dan unsur hara dapat berjalan secara optimal dari tanah ke bagian atas organ tumbuhan melewati organ akar.

Penggemburan lahan tanam dilakukan melalui kegiatan pendangiran. Kegiatan pendangiran wajib dilakukan agar tanaman cabe tetap subur, sehat, kuat, dan mampu menghasilkan buah dalam jumlah yang cukup memadai (lebat).

Adapun cara penggemburan tanah dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat penggembur seperti cangkul dan alat penyiangan khusus yang banyak dijual di pasaran/toko alat pertanian.

Saat penggemburan tanah, sebaiknya dilakukan secara berhati-hati dan loyal. Jangan sampai pada saat penggemburan akar tanamannya rusak karena dengan sengaja terkena sentuhan fisik dari alat pendangiran yang digunakan.

Cara penggemburan lahan adalah dengan mencangkul kecil-kecil tanah di sekitar tempat tumbuh tanaman cabe, setidaknya penggemburan dilakukan secara merata dan memutari tanaman.

Pendangiran bisa dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali, atau bisa 1,5 bulan sekali. Pendangiran secara rutin akan menghasilkan tanaman cabe dengan buah yang banyak dan hasil produktivitas pertanian cabe yang bisa ditingkatkan secara signifikan.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *