Pengertian Penyiangan+Pendangiran Pada Budidaya Tanaman Hortikultur

Dalam budidaya cabe, kegiatan penyiangan dan pendangiran adalah hal yang begitu penting untuk membuat tanaman cabe lebih subur, sehat, dan mampu tumbuh secara baik.

Selain pemupukan pada tanaman cabe, ternyata ada dua kegiatan penting dalam perawatan tanaman cabe, meliputi penyiangan dan pendangiran, dimana keduanya ini wajib diterapkan pada saat anda membudidaya cabe, baik itu di lahan bedengan bermulsa, bedengan biasa, atau di lahan perkebunan maupun persawahan.

Hasil Panen Cabe lebih Optimal
Hasil Panen Cabe lebih Optimal dengan Pendangiran dan Penyiangan. Photo by: Wahid Priyono (tipspetani.com)

Pengertian dari penyiangan yaitu kegiatan yang dilakukan petani dengan cara mencabut rumput-rumput/gulma yang mengganggu tanaman budidaya (tanaman utama). Caranya yaitu bisa menggunakan alat bantu berupa pencong/sekop kecil, cangkul kecil, atau alat penyiangan khusus yang banyak dijual di toko alat pertanian di sekitar tempat tinggal anda.

Sementara itu, kegiatan pendangiran didefiniskan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh para petani untuk menggemburkan lahan tanam, supaya proses transportasi air, nutrisi/unsur hara berlangsung secara efektif dari akar ke seluruh bagian organ tanaman yang sedang dibudidaya.

Pendangiran dan penyiangan adalah dua kombinasi penting yang harus diterapkan oleh petani untuk mendapatkan hasil tanam yang lebih optimal. Dengan begitu, produktivitas hasil panen akan meningkat. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga: Tujuan Pendangiran serta Penyiangan Pada Tanaman Cabe.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *