Pengertian Gulma Secara Umum

Menurut Kementerian Pertanian Republik Indonesia, melalui website pertanian.go.id (dalam Aston, 1991), menyebutan bahwa: Gulma merupakan suatu tumbuhan lain yang tumbuh pada lahan tanaman budidaya (lahan bedengan, atau sejenisnya). Gulma juga adalah tumbuhan yang tumbuh di sekitar tanaman pokok (tanaman yang sengaja ditanam). Atau dengan kata lain gulma yaitu suatu tumbuhan yang tumbuh di area/daerah pertanian yang tidak diinginkan oleh si penanam sehingga kehadirannya dapat merugikan tanaman lain yang ada di dekat  atau di sekitar tanaman pokok tersebut.

Buah Mentimun di Lahan Bedengan Bermulsa
Buah Mentimun di Lahan Bedengan Bermulsa Terbebas dari Gulma (Tipspetani.com)

Pendapat para ahli gulma yang lain ada yang mengatakan bahwa gulma juga disebut sebagai tumbuhan pengganggu atau tumbuhan yang belum diketahui manfaatnya, tidak diinginkan dan menimbulkan kerugian.

Gulma didefinisikan sebagai kelompok jenis tumbuhan yang hidup atau tumbuhnya tidak dikehendaki oleh manusia karena dianggap mengganggu dan bisa merugikan hasil tanaman yang dibudidaya bersifat kuantitatif (kerugian dalam bentuk jumlah/angka), dan bersifat kualitatif (kerugian dalam bentuk kualitas hasil panen. Gulma juga dapat diartikan sebagai pengganggu tanaman budidaya. Baca juga: Contoh Laporan Pendahuluan Bab.1 Tentang Gulma.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *