Pengelompokan Gulma Berdasarkan Morfologi/Bentuk Gulma

Seperti diketahui bersama bahwa gulma merupakan parasit yang merugikan pada tanaman budidaya. Oleh sebab itu, gulma yang sering menyerang tanaman budidaya harus disingkirkan. Berbagai macam jenis gulma memang banyak ragamnya, namun secara umum gulma dikelompokkan dalam beberapa golongan, yakni golongan rumput, teki, dan gulma berdaun lebar.

tanaman cabe shat buahnya tidak rontok
Tanaman cabe shat buahnya tidak rontok. (Tipspetani.com)

Berikut ini penjelasan tentang ketiga golongan gulma, baik itu gulma rumput, teki, maupun gulma berdaun lebar:

  • Ciri-ciri morfologi gulma golongan rumput: Batangnya berbentuk bulat atau tegak pipih dan beringga. Daun soliter pada buku-buku, tersusun dalam dua deretan, berbentuk pita, tepi daun rata, dan terdiri dari dua bagian yaitu helai daun dan pelepah daun dengan lidah daun diantara dua bagian tersebut. Karangan bunganya dalam bentuk anak bulir , dapat bertangkai atau tidak dengan tiap anak bulir terdiri dari satu atau lebih bunga kecil. Setiap bunga kecil tersebut biasanya dikelilingi oleh sepasang daun pelindung yang tidak sama besarnya. Daun pelindung yang besar disebut lemna dan yang kecil disebut palea. ¬†Buahnya disebut buah karyopsis dengan bentuk memanjang seperti perahu, datar ramping dan bulat telur;
  • Ciri/karakteristik morfologi fisik gulma golongan teki: Batangnya berbentuk segitiga, kadang bulat dan tidak berongga. Daun tersusun dalam tiga deretan tanpa lidah daun pada pertemuan pelepah dan helai daun. Bunganya sering dalam bentuk bulir atau anak bulir yang dilindungi oleh satu daun pelindung dengan buahnya pipih atau berbentuk segitiga;
  • Ciri-ciri morfologi gulma golongan berdaun lebar: Gulma dari golongan ini umumnya tergolong dengan biji berkeping dua (dikotil) atau paku-pakuan (pterydophyta). Gulma berdaun lebar cirinya adalah berdaun lebar dengan tulang daun berbentuk jaringan, tulang daunnya menyirip atau menjari, berbatang basah (herbacecus), atau berbatang kayu (lignosus). Batangnya berbeda dengan gulma golongan rumput dan teki. ¬†Gulma berdaun lebar memiliki batang bercabang, berupa bunga tunggal atau bunga majemuk yang biasanya termasuk bunga sempurna. Sistem perakarannya tunggang, yang berupa akar berkayu atau tidak berkayu.

Itulah tadi penjelasan tentang pengelompokan gulma berdasarkan morfologi/bentuk tubuhnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Silakan baca juga: Pengaruh yang Merugikan dengan Adanya Gulma Pada Lahan Pertanian.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *