Pengaruh Tanaman Cabe yang Dirempel dan Tidak Dirempel (Merempel/Perempelan Tanaman Cabe)

Salah satu kegiatan perawatan tanaman cabe adalah perempelan (kegiatan perempelan cabe). Perempelan pada tanaman cabe ini memiliki pengaruh positif pada tanaman cabe untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal, hasil panen lebih berkualitas, buahnya lebat, serta organ tanaman terlihat lebih sehat dan kuat. Jika tidak dilakukan perempelan, maka hasil panen akan seperti apa adanya, karena dengan dilakukan perempelan, maka berdasarkan asumsi dan pengalaman dari para petani cabe mampu meningkatkan hasil panen sebanyak 10 – 20 % bahkan bisa lebih, tergantung juga dari perawatan tanaman yang dilakukan seintensif.

Berdasarkan pengalaman dari para petani cabe di Indonesia, ada beberapa pengaruh positif apabila tanaman cabe dilakukan perempelan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tanaman cabe lebih sehat, kuat, berumur lebih lama;
  • Akan muncul bunga dan buah yang lebat, sehingga meningkatkan produktivitas hasil panen cabe;
  • Meningkatkan hasil panen hingga 20% atau bahkan bisa lebih;
  • Merangsang pembentukan akar, daun dan serta tunas-tunas produktif;
  • Meningkatkan laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman;
  • Memacu pertumbuhan batang dan peningkatan kadar hormon auksin yang membantu dalam pemanjangan batang tanaman cabe;
  • Organ tanaman cabe, terutama batang dan daunnya akan terlihat lebih segar dan sehat.
Merempel Cabe
Perempelan (Pruning) pada Tanaman CabeĀ 

Melihat beberapa keunggulan/keuntungan/fungsi dari merempel tanaman cabe di atas, maka sebagai seorang petani cabe anda wajib mencobanya (bereksperimen), siapa tahu hasilnya cocok dan bisa anda terapkan di sepanjang waktu musim tanam sehingga hasil panen cabe anda akan meningkat drastis dan buah cabenya lebih berkualitas (unggul).

Sebagai panduan/tutorial untuk melakukan perempelan pada tanaman cabe, anda bisa lanjutkan membaca pada artikel berikut, klik: Cara Perempelan (Merempel) Pada Tanaman Cabe agar Cepat Berbuah Lebat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *