Pengaruh Suhu Terhadap Laju Pertumbuhan Tanaman

Proses fisiologis tanaman tidak hanya sebatas bagaimana tumbuhan memanfaatkan nutrisi untuk hidupnya. Akan tetapi, proses fisiologis tanaman menyangkut banyak hal termasuk respon tumbuhan terhadap suhu di sekitarnya.

Suhu merupakan salah satu faktor eksternal tumbuhan yang berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Dan ada kaitan suhu terhadap pertumbuhan tanaman.

Tumbuhan dalam masa perkecambahan biji (germinasi) membutuhkan air yang cukup, jumlah unsur hara yang tertakar, oksigen, serta suhu optimum. Suhu memegang peranan penting dan ada kaitannya dengan mekanisme kerja enzim pada tumbuhan.

Tanaman jagung melewati masa pertumbuhan dan perkembangan
Tanaman jagung melewati masa pertumbuhan dan perkembangan dan dipengaruhi suhu. Photo Kontributor Oleh: Komunitas Petani Jagung.

Pada suhu yang rendah ( suhu 0 derajat celcius) enzim tidak dapat berkerja (inaktif), akan tetapi apabila suhunya dinaikan beberapa derajat maka kecepatan tumbuh tanaman akan bertambah. Setiap enzim bekerja secara spesifik, artinya sisi aktif enzim akan berikatan dengan substrat yang cocok. Tanpa substrat yang cocok dengan sisi aktif enzim, maka tidak akan terjadi ikatan.

Satu jenis enzim dengan enzim lainnya mempunyai suhu optimum yang berbeda-beda. Suhu optimum merupakan suhu dimana enzim dapat bekerja secara optimal, dan lebih dari suhu optimum maka enzim akan mengalami kerusakan (denaturasi).

Proses denaturasi enzim dapat terlihat pada saat enzim berada pada suhu yang panas (suhu tinggi/100 derajat celcius). Pada suhu panas, maka sisi aktif enzim akan rusak, sehingga kompleks enzimnya tidak terbentuk.

Enzim pada tumbuhan tersusun atas protein (asam-asam amino spesifik). Dan enzim alfa amilase pada biji tanaman juga berperan penting dalam membantu proses perkecambahan biji. Dan biji tanaman akan mudah tumbuh dan berkembang pada suhu di atas 0 derajat celcius. Semakin dinaikan suhunya beberapa derajat, misalnya 10 derajat celcius, maka laju pertumbuhan tanaman akan semakin meningkat. Selain itu enzim pada tumbuhannya akan semakin giat bekerja. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya proses pertumbuhan dan perkembangan yang juga dipengaruhi oleh hormon-hormon pertumbuhan tanaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *