Pembahasan tentang umur panen cabai

Umur panen cabai begitu dinanti-nantikan sekali oleh petani. Panen sangat menentukan hasil jeri payah yang dilakukan dalam bertani mulai dari tahap perawatan hingga mengeluarkan tenaga, dana dan pikiran.

Oleh karena itulah, untuk memperoleh hasil panen tanaman cabai yang optimal maka yang kita gunakan untuk memulai hal itu terjadi membutuhkan tahapan-tahapan yang memang harus dimiliki oleh kita.

Setiap tanaman cabai yang dibudidayakan itu berbeda-beda, mereka bisa saja panen cepat dan lama yang dipengaruhi oleh varietas, keadaan lingkungan dan pemeliharaan. Tanaman ini tergantung dari anda sebagai pemiliknya, mereka bisa tumbuh subur dan berbuah lebat jika anda pintar untuk membudidayakanya dan begitujuga sebaliknya, tanaman cabai anda akan gagal panen jika anda tidak bisa merawatnya.

Tanaman Cabe Mulai Siap Dipanen Umur 2,5 - 4 bulan
Tanaman Cabe Mulai Siap Dipanen Umur 2,5 – 4 bulan, photo by: tipspetani.com

Pada umumnya umur cabe yang siap dipanen yaitu 3,5 – 4 bulan (sangat tergantung dari perawatan tanaman cabe sehari-harinya). Akan tetapi, bukan tidak mungkin anda bisa mempersingkatnya, untuk mempercepat waktu pemanenan maka anda harus melakukan perawatan yang baik untuk tanaman anda.

Apabila kasusnya seperti ini saya sedikit bingung kapan umur tanaman cabai ini berbuah dan siap untuk dipanen. Namun anda bisa memperkirakannya dengan melihat secara fisik dari kematangannya. Faktor yang mempengaruhi tanaman cabai untuk siap dipanen sangat banyak dan hal itu sangat berkaitan. Tapi, harus anda ingat seperti tadi saya jelaskan setandarnya anda punya target 3,5 – 4 bulan tanaman cabai anda harus sudah bisa panen.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *