Parameter Kualitas Air yang Baik dan Benar

Air irigasi mengandung kotoran dalam berbagai konsentrasi. Kesesuaian air irigasi terutama bergantung pada jumlah dan jenis garam yang ada di dalam air. Konstituen utama yang dapat larut adalah kalsium, magnesium, natrium sebagai kation dan klorida, sulfat, bikarbonat sebagai anion. Ion-ion lain yang ada dalam jumlah kecil adalah boron, selenium, molibdenum dan fluorin yang berbahaya bagi hewan yang diberi makan pada tanaman yang tumbuh dengan kelebihan ion-ion ini. Kualitas air irigasi dinilai dengan tiga parameter

1. Konsentrasi garam total
2. Sodium serapan
3. Kandungan bikarbonat dan boron.

lada perdu
Tanaman lada perdu berdaun subur dengan parameter air yang sesuai (tipspetani.com)

1. Konsentrasi Garam Total:

Kandungan garam air irigasi diukur sebagai konduktivitas listrik (EC). Secara konvensional, air yang mengandung total garam terlarut sampai batas lebih dari 1,5 m mhos / cm telah diklasifikasikan sebagai garam. Air asin adalah yang memiliki natrium klorida sebagai garam dominan. Air payau adalah air yang terkontaminasi dengan asam, basa, garam atau bahan organik, dimana air garam terutama mengandung garam terlarut, Berdasarkan air irigasi EC diklasifikasikan sebagai berikut.

Class

EC

Quality Characterization

Soil for which suitable

C1

< 1.5 Normal Water All Soils

C2

1.5 to 3.0 Low Salinity Light and Medium Soils

C3

3.0 to 5.0 Medium Salinity Light and Medium Textured Soils for Semi tolerant crops

C4

5.0 to 10.0 Saline Light medium textured soils for Tolerant crops

C5

> 10 High Salinity Not Suitable

 

2. Sodium absorption ratio (SAR) dan kandungan boron:

Selain EC yang telah digunakan sebagai kriteria utama untuk menentukan kualitas air irigasi, rasio penyerapan sodium (sodium absorption ratio / SAR), residu natrium karbonat (RSC) dan kandungan boron juga digunakan untuk menemukan kesesuaian air irigasi.

Air irigasi yang mengandung lebih dari 3 ppm boron berbahaya bagi tanaman, terutama pada tanah ringan. Silakan anda pelajari juga: Frekuensi Irigasi yang Baik dan Benar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *