Merintis Usaha/Bisnis Pertanian dari NOL dan Cara Memanagenya

Merintis usaha pertanian dan apapun itu jenisnya agar sukses tidak semudah membalikan telapak tangan. Semua itu butuh proses panjang. Berkat kegigihan, ketekunan, semangat, dan niat yang tulus untuk sukses biasanya usaha yang sedang dijalani bisa sukses.

Bisnis/usaha pertanian sebenarnya banyak sekali yang bisa anda coba, mulai dari berjualan bibit tanaman secara online, jual produk pertanian termasuk pupuk, alat-alat pertanian, obat pertanian, dan lain sebagainya.

Merintis Usaha/Bisnis Pertanian dari Nol

Merintis usaha/bisnis pertanian dari nol memang diperlukan modal yang cukup di awal. Modal juga bisa disesuaikan dengan uang yang ada di kantong anda. Buatlah detail produk yang hendak anda jual, catat anggaran biaya yang dibutuhkan, dan tulis target orang/konsumennya. Merintisnya harus pelan-pelan, sabar, dan tekun.

Cara Pemasaran Produk Pertanian ke Konsumen

Saya anggap anda sudah mempunyai produk yang akan dijual. Untuk cara pemasaran produk anda tersebut sebetulnya sangat mudah saat ini, yakni bisa melalui sosial media (Facebook, Twitter, Instagram, Website, dan lainnya). Sosial media tersebut terbukti ampuh untuk memasarkan produk/bisnis pertanian yang kita pasarkan. Sekarang sudah tidak jamannya anda membuat banner produk anda kemudian ditempel di batang-batang pohon di pinggir jalan. Sekarang jamannya promosi digital/iklan melalui sarana website, toko online, dan lain sebagainya.

Jika anda mempunyai budget/uang belanja yang lebih untuk promosi produk pertanian anda, anda bisa menggunakan sarana Google AdWords atau Facebook Ads, ataupun Instagram Ads.

Tanaman Cabe Tumbuh Optimal dengan Buah Banyak Karena Lahan Tanam Terbebas dari Gulma
Bisnis Pertanian Budidaya Cabai dengan Pemasaran yang Tepat. (Tipspetani.com)

Di Google AdWords anda bisa memasang iklan jenis teks, iklan bergambar (display ads), atau native ads. Selain itu, bisa juga anda menargetkan untuk rentang usia, target jenis kelamin, dan berdasarkan wilayah. Di Google AWords, anda bisa menyetting budget/uang yang anda belanjakan untuk promosi iklan anda. Banyak sekali perusahaan yang mempromosikan iklan perusahaan mereka di Google AdWords milik Google Inc, dan memang pendapatan mereka naik secara signifikan, sebab target pasarnya tepat.

Sama halnya dengan fitur iklan google AdWords, anda juga bisa mencoba mempromosikan iklan produk anda di FB Ads, Instagram Ads dan memang hasilnya sudah terbukti bagus dan mampu meningkatkan penghasilan anda.

Selain promosi, anda juga harus menyediakan website toko online yang menjual produk-produk pertanian anda, sehingga banyak orang yang bisa langsung melihat produk yang anda tawarkan. Buat juga sosial media seperti facebook, twitter, instagram yang mencerminkan toko online anda.

Manage Terus Usaha/Bisnis Pertanian Anda

Setelah anda membuat toko online, menentukan target pasar, promosi online, dan menjual produk di website anda, maka langkah selanjutnya adalah memanage bisnis anda tersebut sampai benar-benar terkenal. Jika bisnis anda sudah terkenal, maka bersiaplah anda akan memperoleh penghasilan yang berlipat. Kuncinya yang penting tekun. Pelajari terus target pasar, keinginan konsumen, dan daya beli masyarakat. Juallah produk yang sedang populer dan banyak dicari orang.

Itulah cara simpel berjualan online atau dengan kata lain merintis usaha pertanian dari nol dan cara memanagenya. Dan sebenarnya cara di atas bisa diterapkan untuk bisnis jenis lainnya. Semoga bermanfaat. Silakan baca juga artikel berikut ini: Cara Pengendalian Gulma Secara Fisik/Tanpa Menggunakan Mesin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *