Masa Panen Cabe Merah yang Baik dan Benar (Studi Kasus Di Lapangan)

Pengetahuan petani tentang masa panen cabe merah memang sangat penting. Hal ini tentu saja akan memberi wawasan terbaru bagi para petani secara teori, akan tetapi dalam prakteknya tidak selalu tepat. Cepat atau lambatnya masa panen cabe merah ini pastinya dipengaruhi oleh keadaan geografis suatu wilayah, jumlah curah hujan, tingkat keasaman tanahnya (pH tanah), kelembaban udara, jenis tanah yang digunakan, serta faktor perawatan tanaman cabe juga ikut berperan penting dalam menentukan masa panen cabe merah atau cabe sejenisnya secara lama atau cepat.

Tanaman Cabe Subur
Tanaman Cabe Merah Mulai Berbuah Lebat dan Subur. Photo kontributor by: KPCI Indonesia.

Akan tetapi, secara umumnya, tanaman cabe merah mempunyai masa panen mencapai 30 sampai dengan 40 kali dalam masa hidupnya, dengan produksi buah tiap tanaman beragam, bisa lebih dari 3 kg. Secara fisiologis, sejak tanaman cabe merah ini mulai tanam sampai dengan panen kira-kira bisa mencapai umur 3 – 4,5 bulan. Pada umur ini memang tanaman cabe sedang bagus-bagusnya memproduksi buah cabe dalam jumlah cukup banyak, dan lagi-lagi banyak sedikitnya hasil panen cabe ditentukan oleh cara perawatan tanaman cabe yang dilakukan oleh petani itu sendiri.

Faktor dalam pemupukan tanaman cabe juga menjadi alat tempur untuk hasil panen lebih bagus, sebaiknya ketika tanaman cabai mulai berbunga berikanlah larutan pupuk phonska cair. Larutan pupuk phonska cair ini bisa memperlama umur tanaman cabe karena kandungan unsur haranya yang cukup banyak dan dibutuhkan bagi tanaman cabai.

Di sisi lain, sebagai petani anda hanya bisa berusaha dan selebihnya ketentuan Allah yang akan berlaku. Selamat belajar bertani, semoga sukses. Pelajari juga cara bertani berikut: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Cabe (Faktor Internal dan Eksternal).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *