Manfaat Pupuk Organik untuk Struktur Tanah

Gersanglah lahan pertanian, termasuk tanah tandus, kurang unsur hara. Akibatnya, tanaman yang tumbuh di atasnya kurang berproduksi secara baik. Hal seperti ini bisa terjadi karena struktur tanah sudah mulai rusak. Bisa karena disebabkan penggunaan pestisida, pupuk kimia yang terakumulasi di dalam tanah. Lambat-laun akan terus memperparah kondisi tanah tersebut.

Untuk memperbaiki struktur tanah supaya tetap baik maka dengan cara penggunaan pupuk organik secara kontinyu. Mulai sejak tanaman di tanam sampai panen, perlu dilakukan pemupukan organik. Pupuk organik bisa berupa pupuk dari kotoran ternak misal pupuk kandang dari kotoran sapi, kerbau, ayam, dan lainnya.

Tanaman terong berbuah lebat dengan struktur tanah baik
Tanaman terong berbuah lebat dengan struktur tanah baik

Pupuk organik menyimpan unsur hara dalam jumlah yang dibutuhkan tanaman, yakni berupa unsur hara makro dan unsur hara mikro. Komponen unsur hara ini juga mudah bertahan lama tinggal di dalam tanah yang rata, dan tidak terjadi penyucian hara baik oleh air hujan dengan intensitas banyak.

Struktur tanah yang baik tentu saja menjadi hal prioritas diharapkan tumbuhan itu sendiri. Dengan begitu, apapun jenis tanaman yang anda budidaya di lahan tersebut maka akan jauh berkualitas. Hasil panen akan bagus dan produktivitasnya panen meningkat. Jadi, pastikanlah untuk senantiasa memakai pupuk organik sebagai bahan baku penyuburan tanah. Silakan baca juga: Metode/Teknik Pemberantasan Gulma.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *