Langkah/Cara Dalam Pemberian Tiang Ajir pada Tanaman Cabe

Perawatan tanaman cabe yang cukup penting salah satunya adalah pemberian tiang ajir. Tiang ajir dapat dibuat dari bilah-bilah bambu yang telah dipotong-potong secara vertikal membentuk tiang yang memiliki ukuran panjang sekitar 100 cm.

Tiang ajir juga bisa berbahan dasar besi yang menyerupai tongkat dengan panjang tertentu dan banyak dijual di kios penjualan alat pertanian. Tiang ajir dari besi tersebut paling umum digunakan untuk menyanggah tanaman cabe atau tanaman melon.

Perkebunan melon biasanya melibatkan tiang ajir untuk memastikan bahwa buah-buahnya menempel pada tiang ajir yang dibuat sedemikian rupa.

Pohon Cabai Berbuah Lebat
Pohon Cabe Berbuah Lebat, Photo by: Muslehuddin

Tiang ajir berguna untuk menopang batang tanaman cabe supaya tidak mudah goyah, tidak mudah roboh/rebah, serta supaya tanaman cabe berada pada posisi yang diinginkan seorang petani.

Pada cuaca yang ekstrem, hujan lebat, tiupan angin kencang biasanya akan merusak tanaman cabe secara siginifikan. Dan dengan adanya tiang ajir tersebut maka tanaman cabe akan tumbuh secara optimal, serta menghindari dari kondisi-kondisi tertentu yang tidak diharapkan oleh petani.

Berdasarkan hasil observasi lapangan dengan petani cabe, adapun langkah-langkah dalam pemberian tiang ajir adalah sebagai berikut:

  • Pertama, menyiapkan tiang ajir yang telah disediakan;
  • Setelah itu, tancapkan tiang ajir pada lahan bedengan persis dekat di tiap-tiap tanaman (sejauh 5 – 10 cm dari pusat tumbuh tanaman/dekat pada akarnya);
  • 1 tiang ajir digunakan untuk 1 tanaman saja;
  • Setelah tiang ajir/tongkat ditancapkan pada bedengan, maka anda juga bisa mengikat sementara/permanen pada bagian batang tanaman cabe. Jangan sampe terlalu kencang karena akan menggangu dalam transportasi air dan garam-garam mineral dari dalam tanah ke bagian atas organ tanaman; atau pada masa tersebut pertumbuhan sel-sel meristematik pada batang tanamannya masih terus aktif membelah sampai tanaman mengalami perkembangan lebih lanjut;
  • Supaya tiang ajir satu dengan lainnya saling kuat, maka dapat diberikan benang nilon yang dihubungkan dari satu tiang ajir ke tiang ajir lainnya.

Semoga informasi di atas berguna untuk anda. Dan pesan dari petani cabe profesional bahwa dalam pengambilan tiang ajir sebaiknya dari bahan kayu yang kuat atau bisa digunakan untuk beberapa kali pakai, sesuai dengan musim tanam cabe tertentu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *