Komponen Sistem Irigasi Semprot/Taburan (Sprinkler)


1. Penggerak penggerak utama / pompa hisap:

Set pompa atau pompa diperlukan untuk mengangkat air dari sumbernya dan mendorongnya melalui sistem distribusi yaitu utama, sub utama, lateral dan akhirnya melalui kepala penyiram dengan tekanan yang cukup.

Set pemompaan terdiri dari pompa sentrifugal (volume) atau pompa tipe turbin dengan jalur pengisap unit penggerak dan nilai kaki. Pompa sentrifugal umumnya digunakan dimana lift kurang dari 5m yaitu ketika sumbernya adalah sungai, sumur dangkal dan lain-lain untuk lift yang lebih tinggi atau jika tingkat air berfluktuasi secara luas, pompa turbin direkomendasikan.

Penjadwalan irigasi yang baik pada tanaman tomat membuahkan hasil yang bagus dan berkualitas
Penjadwalan irigasi yang baik pada tanaman tomat membuahkan hasil yang bagus dan berkualitas

Motor listrik umumnya menggunakan unit penggerak untuk mesin diesel instalasi tetap umumnya direkomendasikan untuk unit portabel.

2. Jalur utama:

Ini membawa air dari sumber (unit pemompaan) ke berbagai bagian di lapangan. Ini mungkin tetap atau portabel. Garis permanen umumnya terkubur di bawah kedalaman kerja di dalam tanah. Pipa aluminium ringan dengan pasangan cepat lebih diutamakan untuk barang portable HDPF (pipa kerapatan tinggi juga disukai karena umurnya yang lebih panjang. Tegangannya umumnya pipa baja atau pipa PVC berdiameter yang sesuai). Bagian Te atau L disediakan untuk menghubungkan utama dengan sub primer atau lateral.

3. Sub utama:

Ini membawa air dari garis utama ke lateral.

4. Garis Lateral:

Ini membawa air dari jalur pipa utama atau sub utama ke kepala sprinkler melalui pipa naik. Mereka portabel dan dilengkapi dengan perangkat kopling cepat. Biasanya tersedia dalam panjang 5,6 atau 12m dengan menggunakan pak karet karet berbentuk U bagian betina dari kopling. Tekanan air memaksa keluar dari gasket ‘U’ untuk membentuk segel air saat air dimatikan segel rusak dan air dikeringkan keluar dari pipa sehingga mudah untuk melepaskan dan banyak lagi.

Kepala penyiram:

Kepala penyiram digunakan untuk menyemprotkan air ke sawah mereka mungkin-
a) Kepala Rotasi
b) Tipe kepala tetap
c) Tipe Berlubang

Fixed Head Type: Digunakan dalam landscape

Timbal penyiram dapat diklasifikasikan berdasarkan tekanan

1) Penyemprot tekanan rendah (1.5 sampai 2.5kg / cm2)
2) Sprinkler tekanan menengah (2,5 sampai 5kg / cm2)
3) Penyemprot bertekanan tinggi (5 sampai 10kg / cm2)


Silakan baca juga: Pengertian, Jenis, dan Klasifikasi Irigasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *