Jarak Tanam Stroberi yang Baik dan Benar Sesuai Acuan dari Petani Stroberi Profesional

Segudang manfaat sroberry bisa dijadikan buah andalan untuk membuat resep mpasi. Membudidaya tanaman stroberi (bahasa inggris=strawberry) sangatlah menyenangkan, apalagi dalam bercocok tanam selalu dilandaskan dengan passion dan hobby pasti jauh lebih asyik. Selain itu, menanam stroberi di kebun juga harus memiliki dasar ilmunya, sehingga apa yang dilakukan dalam kegiatan menanam sesuai acuan yang baku, atau setidaknya berdasarkan apa yang sudah pernah dicontohkan oleh petani stroberi profesional.

Dalam memulai pertanian stroberi, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu terkait dengan jarak menanam stroberi yang baik dan benar, sehingga produktivitas hasil panennya akan jauh lebih bagus dan berkualitas tinggi (high quality).

Tanaman Stroberi di Lahan Bedengan Bermulsa
Tanaman Stroberi Dibudidaya Pada Lahan Bedengan Bermulsa. Photo Kontributor oleh: Muslehudien, Rekan Petani Strobery di Lereng Gunung Desa Sembalun Selatan.

Dan adapun untuk jarak tanam stroberi yang baik dan benar (ideal) adalah 30 – 40 cm, dan kebanyakan petani menggunakan jarak 40 cm. Anda bisa menggunakan jarak tanam lebih dari 40 cm antara tanaman satu dengan lainnya, dan boleh juga menggunakan jarak tanam di bawah 40 cm. Itu semua disesuaikan saja dengan kebutuhan lahan. Kebanyakan para petani stroberi di Indonesia menanam stroberi di wadah pot polybag seperti yang dilakukan di daerah-daerah sentra stroberi di Jawa Tengah. Dan sebagian lagi petani menggunakan lahan bedengan bermulsa untuk membudidaya stroberi, seperti yang dilakukan oleh petani-petani stroberi di daerah lereng gunung Sembalun Selatan. Di daerah Lereng Gunung Sembalun Selatan tersebut banyak sekali perkebunan strawberry yang dibudidayakan oleh warga setempat.

Jika anda memang tertarik untuk membudidaya stroberi, maka penting sekali bagi anda mengetahui jarak menanamnya, terutama jika anda ingin menanamnya pada lahan bedengan bermulsa. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *