Jarak Tanam Semangka yang Paling Baik dan Benar (Ideal)

Budidaya semangka di Indonesia semakin marak, karena selain harganya yang cukup mahal di pasaran, juga dapat meningkatkan finansial petani dari mengambil keuntungan dalam budidaya semangka. Dan dalam budidaya semangka ini, tentu saja dasar-dasar menanamnya harus diperhatikan oleh petani, sehingga akan mendapatkan hasil yang optimal, termasuk bagaimana mengetahui tentang jarak tanam semangka yang baik dan benar (ideal).

Jarak Tanam Semangka yang Baik dan Benar (Ideal)
Jarak Tanam Semangka yang Baik dan Benar (Ideal). Photo Original by: Wahid Priyono (tipspetani.com)

Dari beberapa petani semangka yang terbilang cukup profesional. Saya pernah berdiskusi dan bertanya-tanya tentang bagaimana jarak tanam/jarak menanam semangka yang baik, benar, bagus dan ideal. Dan dari hasil diskusi yang pernah saya lakukan, maka para petani semangka merekomendasikan jarak tanamnya adalah 100 cm (1 meter). Karena terlalu rapat jarak tanam juga tidak bagus, dan akan terjadi perebutan nutrisi yang terkadang lebih didistribusikan ke tanaman di sampingnya. Oleh karena itulah, dalam penentuan jarak tanam semangka sebaiknya agak lebar yakni jarak tanamnya 100 cm.

Penanaman semangka sangat baik jika dilakukan pada lahan tanam berbentuk bedengan memanjang. Dan alangkah baiknya arah bedengan membentang dari arah utara ke selatan agar proses fotosintesis tanaman berjalan lebih efektif (cahaya matahari lebih bagus menyinari tanaman semangka). Jenis tanah yang bagus adalah tanah lempung berpasir seperti yang banyak terdapat di daerah-daerah persawahan dan perbukitan. Semoga informasi sederhana di atas bermanfaat untuk anda, silakan baca juga ulasan artikel berikut ini, klik: Jarak Tanam Stroberi yang Baik dan Benar Sesuai Acuan dari Petani Stroberi Profesional.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *