Jarak Tanam Jagung, Cabe dan Kacang Tanah yang Baik dan Benar

Jarak tanam cabe, jagung, dan kacang tanah yang baik dan benar sering dijadikan indikator sukses tidaknya dalam budidaya tanaman tersebut. Para petani cabe, kacang maupun jagung di Indonesia sangat percaya bahwa jarak tanam menentukan tingkat produktivitas hasil panen. Dan oleh sebab itulah, kunci dari sukses budidaya tanaman budidaya salah satunya adalah jarak tanam.

Produktivitas Jagung Tinggi dengan Jarak Tanam yang Tepat
Produktivitas Jagung Tinggi dengan Jarak Tanam yang Tepat. Photo Kontributor oleh: Komunitas Petani Jagung Indonesia.

Setiap petani cabe, jagung maupun kacang tanah pastinya mempunyai pengalaman tanam yang berbeda-beda. Terkadang, antar satu petani dengan petani lainnya mempunyai perbedaan dari jarak tanam cabe yang mereka terapkan di lapangan. Perbedaan ini sebagai bukti bahwa dari hasil ekperimen petani pasti memiliki indikator berbeda untuk memilih mana jarak tanam yang cocok dan bagus dalam menanam cabe.

Hasil penelitian tentang jarak tanam cabe, jagung dan kacang tanah yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah oleh Efendi dkk (dalam balittas.litbang.pertanian.go.id) menyebutkan bahwa adapun jarak tanam jagung 75 cm x 20 cm (20.000 tanaman/ha), jarak tanam cabai yang ideal yakni 50 cm x 50 cm (12.000 tanaman/ha), dan kacang tanah 40 cm x 20 cm (50.000 tanaman/ha).

Buah Jagung Berbuah Lebat dan Produktivitas Tinggi
Buah Jagung Berbuah Lebat dan Produktivitas Tinggi dengan Jarak Tanam yang Baik dan Benar. Photo Kontributor by: Komunitas Petani Jagung Indonesia.

Dalam usaha pertanian polikultur, jarak tanam yang dianjurkan untuk jagung adalah 2 m x 2 m. Jarak tanam ini masih dapat disisipi dengan tanaman semusim sebagai tanaman sela. Namun dengan jarak tanam yang demikian hanya akan baik untuk tanaman pokok maupun untuk tanaman selanya sampai tahun ke-2, selanjutnya akan terjadi persaingan yang dapat menggagalkan panen baik pada tanaman pokok ataupun pada tanaman selanya, sehingga perlu dirancang secara cermat. Baca juga: Panduan Merintis Usaha/Bisnis Pertanian dari Nol dan Cara Memanagenya.

Sumber Referensi Terkait:

Efendi, Dedi Soleh, Taher dan Rumini. Pengaruh Tumpang Sari dan Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanam Jarak Pagar (Jatropha curcas L.). Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Bogor. [JURNAL]. Diakses pada situs balittas.litbang.pertanian.go.id/images/pdf/jp3232.pdf, pada hari Minggu, 20 Agustus 2017, pkl. 09.30 WIB,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *