Jarak Menanam Cabe yang Bagus dan Baik

Jarak menanam/jarak tanam cabe yang baik dan benar tentu saja akan memengaruhi produktivitas tanaman untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Berdasarkan hasil dari sharing dan diskusi dengan beberapa petani cabe di daerah menyebutkan bahwa jarak tanam cabe sangat menentukan dalam penyerapan nutrisi tanaman, jumlah buah cabe yang dihasilkan akan jauh lebih sempurna alias berbuah sangat lebat jika jarak menanam cabe sangat diperhatikan secara seksama oleh petani/dan pekebun yang hendak membudidaya cabe di lahan yang mereka miliki.

Jarak Tanam Cabe yang Ideal Menentukan Produksi Buahnya
Jarak Tanam Cabe Menentukan Produksi Buahnya. Photo Kontributor by: KPCI.

Sebaiknya dalam membudidaya cabe, beri jarak tanam yakni 50 – 60 cm antara tanaman satu dengan yang lainnya (ini merupakan jarak tanam yang ideal dan sering diterapkan oleh petani cabe di berbagai daerah di Indonesia). Jarak tanam tersebut sangat ideal bagus, dan sudah pernah saya buktikan sendiri pada kebun cabe saya dan memang sangat berkualitas dalam menjadikan tanaman cabe lebih unggul, sehat, berbuah lebat dan terkurangi dari serangan hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabai.

Jangan lupa selain menentukan jarak tanam yang tepat pada budidaya cabe, lengkapi pula lahan bedengan cabe dengan perangkat mulsa plastik dan juga tiang ajir yang berperan untuk mencagak/sebagai penopang tanaman cabe agar tumbuh secara sempurna, serta tempat pertumbuhan dan menggantungnya buah-buah cabe.

Dengan mengetahui jarak tanam cabe tersebut, maka usaha/bisnis budidaya cabe yang sedang/akan anda tekuni dapat berjalan lancar. Selamat mempraktekan.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *