Fungsi dan Peranan Hormon Asam Traumalin (Hormon Luka)

Tanaman Tomat Besar Berbuah Lebat
Batang tomat yang dilukai akan sembuh kembali karena adanya hormon asam traumalin. (tipspetani.com)

Hormon/fitohormon asam traumalin di produksi paling banyak pada organ batang pada tanaman. Hormon kalin sering disebut sebagai hormon luka.

Hormon asam traumalin memiliki peranan/fungsi dalam merangsang pembelahan sel pada jaringan tumbuhan yang mengalami luka, terutama pada organ batang. Sehingga pada jaringan yang rusak/terluka akan digantikan dengan jaringan yang baru.

Asam traumalin dalam penyembuhan luka pada tanaman dilakukannya secara bertahap, bahkan membutuhkan waktu berbulan-bulan. Coba perhatikan pada batang tanaman mangga/jeruk/jambu yang dilukai dengan pisau. Pasti beberapa minggu akan menutup kembali. Hal tersebut dipengaruhi oleh kinerja hormon asam traumalin dalam penyembuhan luka pada batang tanaman.

Pada pohon kelapa, kinerja asam traumalin kurang bekerja secara efektif, sebab sedikit mengandung asam traumalin. Coba perhatikan pada pohon kelapa yang pada bagian batangnya dibutakan tiang panjat, maka bekasnya tidak sembuh. Baca juga: Fungsi Hormon Asam Traumalin (Hormon Luka) Pada Tanaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *