Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efisiensi Penggunaan Air (Water Use Efficiency/WUE)

Faktor-faktor yang mempengaruhi Efisiensi Penggunaan Air/WUE (Water Use Efficiency) adalah sebagai berikut:

1. Sifat tanaman: Ada cukup banyak antara spesies tanaman untuk menghasilkan satuan bahan kering per satuan jumlah air yang digunakan sehingga menghasilkan nilai WUE yang bervariasi.

Efisiensi penggunaan air (WUE) dari tanaman yang berbeda:

Crop

Water Requirement mm

Grain Yield kg/ha

WUE kg/ha/mm

Rice (Padi)

2000

6000

3.0

Sorghum

500

4500

9.0

Bajara

500

4000

8.0

Maize

625

5000

8.0

Groundnut

506

4680

9.2

Wheat

280

3534

12.6

Finger Millet

310

4137

13.4

Ada juga perbedaan WUE antara varietas tanaman yang sama. Pemilihan tanaman yang diadopsi dengan baik, dengan kebiasaan perakaran yang baik, tingkat transpirasi yang rendah meningkat.

2. Kondisi Iklim:

Cuaca mempengaruhi Y dan ET. Manipulasi iklim sampai saat ini mungkin terjadi. Namun, ET dapat dikurangi dengan mulsa, penggunaan antitranspirant dll. Sampai batas tertentu, tapi mungkin tidak ekonomis atau praktis. Kontrol gulma adalah cara yang paling efektif untuk mengurangi kerugian ET dan meningkatkan jumlah air yang tersedia untuk tanaman sehingga meningkatkan WUE.

efisiensi penggunaan air
Tanaman jeruk berbuah lebat dengan sistem penggunaan air irigasi yang tepat (tipspetani.com)

3. Kandungan Pelepasan Tanah:

Dalam pasokan yang memadai dari kelembaban tanah serta kelebihan pasokan air ke tanaman memiliki efek buruk pada pertumbuhan dan produksi tanaman dan oleh karena itu konduktif terhadap WUE yang rendah. Untuk setiap kombinasi tanaman dari kondisi lingkungan, ada tingkat kelembaban tanah yang sempit dimana WUE lebih tinggi daripada persediaan air yang lebih rendah atau lebih, penjadwalan irigasi yang tepat akan meningkatkan WUE.

4. Pupuk:

Irigasi meningkatkan permintaan akan nutrisi tanaman. Ketersediaan hara paling tinggi untuk sebagian besar tanaman saat ketegangan air rendah. Semua bukti yang ada menunjukkan bahwa di bawah pemupukan yang sesuai dengan pemupukan yang sesuai umumnya meningkatkan hasil panen secara signifikan, dengan peningkatan ET yang relatif kecil dan oleh karena itu, meningkatkan WUF secara nyata.

5. Populasi tanaman:

Potensi hasil yang lebih tinggi dimungkinkan oleh rezim air yang baik yang disediakan oleh irigasi, tingkat kesuburan tanah yang tinggi akibat penerapan pupuk dan potensi genetik varietas dan hibrida yang baru, dapat dicapai hanya dengan penyesuaian populasi yang tepat. Hasil tertinggi dan WUE hanya dimungkinkan melalui tingkat kelembaban kelembaban optimum, populasi tanaman dan pemupukan. Silakan baca juga artikel terkait berikut: Efisiensi Penyebaran Air & Efisiensi Penggunaan Air.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *