Daerah-Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia

Selain rasanya yang enak, manfaat kopi telah banyak diketahui banyak orang. Orang Indonesia sangat hobi meminum secangkir kopi sebelum berangkat kerja. Kopi juga bisa menekan rasa kantuk dan stress.

Kopi merupakan komoditas ekspor yang menjadi penyumbang devisa negara. Di Indonesia sentra penanaman kopi banyak dilakukan di berbagai daerah. Sebab, hampir seluruh daerah di Indonesia dari masing-masing pulau sangat cocok tanahnya ditanami kopi.

Daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia
Daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia (Photo original oleh: Wahid Priyono, tipspetani.com).

Iklim Indonesia yang tropis menjadikan keuntungan tersendiri, sehingga tanaman kopi sangat mudah dibudidaya, dan hasil panennya cukup bagus dan berprospek.

Berikut ini dilampirkan daerah-daerah/wilayah/provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia:

1. Pulau Sumatera

Di pulau Sumatera, tanaman kopi tumbuh subur, dan banyak ditanam di daerah Bengkulu, Aceh (Gayo), Sumatera Utara, Lampung, dan sebagian di Palembang.

Adapun ciri-ciri dari kopi gayo memiliki tingkat kekentalan yang lebih ringan serta tingkat keasaman yang seimbang. Bahkan, kopi gayo pernah masuk ke dalam nominasi dalam pemilihan kopi terbaik di dunia.

Dan kebanyakan jenis kopi yang ditanam di pulau sumatra ini adalah kopi robusta dan kopi arabika.

2. Pulau Jawa

Di pulau Jawa, tanaman kopi juga tumbuh subur sebab berada pada jalur gunung berapi. Dan ditanam di berbagai daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Adapun jenis kopi yang ditanam oleh petani adalah kopi malabar yang mempunyai rasa serta aroma yang nikmat.

3. Pulau Kalimantan

Di pulau Kalimantan tanaman kopi tetap masih bisa dibudidaya. Dan jenis kopi yang paling banyak ditanam adalah kopi robusta.

4. Pulau Sulawesi

Daerah di pegunungan Toraja terkenal sebagai penghasil kopi paling baik di seantero pulau Sulawesi. Kekhasan dari kopi toraja ini hampir tidak mempunyai rasa pahit. Bisa dibilang ketika rasa pahit akan hilang setelah tegukan kedua. Adapun kekhasan dari kopi toraja yakni seperti perpaduan tanah dan hutan dan kadar keasamannya rendah.

5. Pulau Flores

Di Flores, tersimpan kopi berkualitas tinggi. Daerah Bajawa merupakan sentra perkebunan kopi di pulau ini. Menariknya, kopi bajawa adalah kopi dengan warna cokelat dan ada rasa vanili, dan karamel. Kopi bajawa mempunyai kekentalan dan kadar keasaman yang rendah.

6. Pulau Bali

Di pulau Bali juga merupakan sentra penghasil kopi cukup besar dan terbaik di Indonesia. Wilayah sentra penghasil kopi di daerah ini berada di sekitaran pegunungan Kintamani dengan memanfaatkan sistem perairan subak. Karakteristik/ciri dari kopi kintamani adalah citarasa floral dan lemony. Kopi kintamani mempunyai kadar keasaman rendah dan aroma kopi yang nikmat. Silakan baca juga: 10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *