Cara Pengendalian Hama Burung Pipit Pada Tanaman Padi

Hama tanaman padi yang serius adalah burung pipit. Burung pipit ini mampu menurunkan produktivitas hasi panen, walaupun jumlah tidak terlalu banyak.

Burung pipit biasanya hinggap di pohon-pohon padi yang sudah berbuah dan populasi mereka sangat banyak, dan kebanyakan mereka memakan bulir padi setiap harinya. Tentu hal ini akan mempengaruhi hasil panen nantinya.

Padi varietas bestari
Padi varietas bestari, Photo Kontributor by: Sukandar Begananda/FB/KPPI.

Dalam rilis yang dituliskan oleh bapak Tonny Purba di laman Facebook Komunitas Petani Padi Indonesia, bahwa ada solusi/cara pengendalian hama burung pipit pada tanaman padi. Berikut ini tutorial yang dapat anda pelajari.

Cara pengendalian hama burung pipit dengan biaya murah dan terjangkau, namun hasilnya cukup memuaskan, caranya yaitu:

(1). Siapkan buah jengkol mentah sebanyak 1 kg untuk luas sawah 1 Ha;

(2). Masing-masing buah jengkol diiris-iris menjadi 7-9 bagian;

(3). Siapkan botol mineral ukuran 1 Liter secukupnya;

(4). Masukan irisan buah jengkol tersebut ke dalam botol mineral, isi air dan rendam selama 24 jam;

(5). Kemudian botol mineral yang berisi buah jengkol serta air rendamannya ditancapkan dengan tiang ajir/bambu di setiap sudut sawah dengan cara membuka tutup botol mineralnya.

Aroma buah jengkol tidak disukai burung pipit/emprit, sehingga secara otomatis akan mengusir burung pipit hinggap pada area persawahan. Silakan mencoba, semoga bermanfaat untuk para petani padi di Indonesia. Baca juga artikel serupa: Aplikasi Buah Jengkol Pengendali Burung Pipit Pada Tanaman Padi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *