Cara Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Cabe

Tanaman cabe memang harus dilakukan perawatan secara terencana dan intensif. Perawatan tanaman cabe yang harus dilakukan yaitu penyiraman, pemupukan, pendangiran dan penyiangan, serta pemberantasan hama dan penyakit.

Pendangiran dan penyiangan adalah dua faktor penting untuk menjaga struktur tanah agar tetap gembur dan terbebas dari hama dan penyakit.

Pendangiran pada tanaman cabe  dilakukan dengan tujuan utama adalah supaya tanah/lahan di sekitar tempat tumbuhan menjadi lebih gembur dan subur, sehingga pengangkutan/transportasi air, garam-garam mineral, unsur hara akan semakin lancar.

Kegiatan pendangiran harus melalui proses yang benar, yaitu dengan memastikan bahwa jangan terlalu dekat dengan akar tanaman, dan pastikan akar tanaman tidak terluka. Jarak yang ideal antara pusat tumbuh tanaman (akar) dengan daerah yang akan dilakukan pendangiran yaitu 3 – 5 cm, dan lakukan secara hati-hati.

Alat yang digunakan untuk pendangiran tanaman cabe adalah menggunakan sekop kecil, cangkul khusus, dan peralatan lain yang relevan.

Saat pendangiran berlangsung, sebaiknya dibarengi juga dengan kegiatan penyiangan. Penyiangan yaitu kegiatan membersihkan lahan tanam cabe dengan cara membasmi atau menghilangkan rumput-rumput liar/gulma di sekitar tempat tanaman tumbuh.

Alat yang digunakan untuk melakukan penyiangan yaitu menggunakan pencong, sekop kecil, dan alat-alat penyiangan yang relevan.

Kedua kegiatan di atas sangat penting supaya produktivitas hasil panen cabe akan semakin membaik. Semoga informasi di atas berguna untuk anda bapak dan ibu tani.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *