Cara Merawat Tanaman Cabe dengan Tiang Ajir Agar Sukses

Cara perawatan cabai memang banyak sekali ragamnya. Mulai dari penyiraman. Tahap pendangiran dan penyiangan, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit. Sampai ke prosesi pengairan dan pemberian tiang ajir. Pemberian tiang ajir pada tanaman cabe memang sangatlah penting. Mengingat bahwa tiang ajir ini nantinya akan membantu tanaman cabe untuk tetap tegar. Juga tidak mudah roboh dan berputus asa dari kondisi iklim yang ekstrem.

Para petani cabe di daerah pedesaan, umumnya mereka menggunakan tiang ajir, dan pada lahan bedengannya diberikan mulsa plastik untuk menjaga kelembaban tanahnya.

Cara Penentuan Arah Bedengan yang Baik dan Benar
Pemberian Tiang Ajir yang Baik dan Benar mampu membantu tanaman untuk tumbuh optimal. Photo by: Wahid Priyono

Ada banyak sekali manfaat pemberian tiang ajir diantaranya adalah agar tanaman cabe tidak mudah rebah/roboh, mempertahankan postur tanaman cabe agar tetap berada pada area tumbuhnya. Selain itu, adanya tiang ajir membuat tanaman tertopang, serta tiang ajir bisa dijadikan sandaran dan tempat tumbuhnya bunga dan buah cabe.

Cara/teknik/metode pemberian tiang ajir yaitu dengan menancapkan bilah bambu yang dipotong-potong kecil berbentuk bilah dengan ujung runcing di dalam tanah dekat akar tanaman. Ukuran tiang ajir yang disarankan adalah 0,5 meter atau lebih sedikit. 1 tanaman diberi 1 tiang ajir. Dan dari tiap-tiap tiang ajir satu dengan lainnya dihubungkan dengan benang nilon warna putih.

Jika dalam pertanian cabe yang sedang anda budidayakan belum menggunakan tiang ajir, maka sudah saatnya kini menggunakannya. Dengan begitu saya menjamin tanaman cabe anda akan tumbuh baik, termasuk bunga dan buahnya lebat. Semoga bermanfaat. Pelajari juga artikel berikut ini: Cara Mengusir Gulma dengan Alang-Alang, 100% Berhasil !.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *