Cara Menompang Batang Cabe Agar Tumbuh Lurus

Dalam melakukan budidaya tanaman cabe tentu saja petani ingin tanaman tumbuh subur. Selain itu, batangnya tumbuh lurus dan tidak rebah di atas tanah. Karena bagaimanapun juga jika tanaman tumbuh rapih akan jauh lebih enak dilihat mata. Tanaman cabe butuh tiang penopang agar tanaman tetap kokoh berdiri selama dibudidaya. Di tiang penopang/tiang penyangga itulah tanaman cabe dapat ditahan dari kemungkinan cuaca ekstrem, tiupan angin, maupun ancaman dari curah hujan tinggi.

Tanaman Cabe Mulai Berbunga karena Terbebas Dari Gulma
Tanaman Cabe Ditopang dengan Tiang Ajir dari Bilah Bambu yang Dipotong. (Tipspetani.com/Wahid Priyono,S.Pd).

Cara menopang batang cabe agar tumbuh lurus tentu saja bisa menggunakan tiang ajir yang terbuat dari bilah-bilah bambu. Batang-batang tumbuhan liar berkayu bisa juga dijadikan sebagai tiang ajir. Tiang ajir biasanya berukuran 1 meter atau bahkan lebih. Tiang ajir ditancapkan di dekat tanaman. Satu tanaman cabe biasanya ditopang oleh satu tiang ajir.

Kebanyakan petani di daerah, menggunakan tiang ajir ini dengan dilengkapi perangkat mulsa plastik pada bagian lahan bedengan. Dengan menggunakan tiang ajir tentu saja membuat tanaman cabai tumbuh lurus, sehingga pohon cabe akan lebih kuat dan kokoh sampai menghasilkan buah nantinya. Silakan baca juga: Batang Cabe Mudah Patah dan Rapuh; Begini Penyebab dan Solusi Penanganannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *