Cara Mengundang Mikroorganisme Tanah di Lahan Perkebunan

Mikroorganisme tanah diartikan sebagai jasad renik atau yang berukuran lebih tinggi yang perannya sebagai dekomposer/pengurai di dalam ekosistem alamiah. Contoh mikroorganisme tanah seperti cacing tanah, bakteri pengikat nitrogen bebas di udara, belatung, dan lain sebagainya.

Mikroorganisme tanah ini sangat penting sekali ada di lingkungan pertanian. Sebab, jasanya sangat dibutuhkan untuk menyuburkan tanah dan tanaman pertanian. Bisa dibayangkan jika tanah tanpa ada mikroorganisme tanah, katakanlah cacing, maka tanahnya akan tandus. Tanah yang tandus, gersang, atau tidak subur tentu tidak bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Hormones in Plants
Tanaman Tomat Berbuah Lebat dengan Penggunaan Mulsa Organik. (tipspetani.com)

Oleh, sebab itulah mengundang mikroorganisme tanah di lahan perkebunan adalah hal yang bagus untuk meningkatkan produksi tanam. Ada beberapa cara untuk mengundang mikroorganisme tanah, salah satunya yaitu menggunakan mulsa organik.

Mulsa organik banyak sekali digunakan oleh para pekebun untuk merawat kesuburan tanah, yaitu dengan cara ditutupkan di sekitar tanaman. Mulsa organik bisa diambil dari sisa-sisa dedaunan yang tidak terpakai, pelepah tanaman (pelepah pisang), jerami padi, serta batang tanaman yang mudah terurai. Bahan untuk pembuatan mulsa organik sangat mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal anda. Jadi, tidak usah ragu lagi untuk mencoba menggunakan mulsa organis ini.

Banyak sekali manfaat memberikan mulsa organik di lahan perkebunan/sawah. Diantaranya adalah mengundang mikroorganisme tanah/cacing, menjaga kelembaban tanah, pH tanah diatur secara baik. Selain itu, adanya cacing tanah mampu menguraikan sisa-sisa bahan organik yang kemudian akan dimanfaatkan tanaman pertanian menjadi pupuk yang bermanfaat bagi tanaman tersebut.

Aplikasi mulsa organik sangatlah mudah. Tinggal anda letakan potongan-potongan kanopi, pelepah, dan dedaunan bekas di atas permukaan tanah di sekitar tempat tanaman tumbuh. Hari berganti hari, biasanya akan muncul banyak cacing tanah, karena lama kelamaan bahan organik tadi akan diurai menjadi pupuk organik. Dan penting sekali bahwa penggunaan mulsa organik ini bisa anda terapkan di lahan pertanian anda. Semoga bermanfaat. Silakan baca juga: Cara Praktis Membuat Perangkap Lalat Buah Paling Murah Meriah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *