Cara Mengetahui Buah Mangga Sudah Tua dan Siap Dipanen

Saat hendak memanen buah mangga, maka setiap petani tidak boleh sembarangan, sebab tentu saja ada kriteria/ciri-ciri khusus buah mangga yang sudah tua dan siap dipanen.

Adapun cara untuk mengetahui buah mangga yang sudah tua dan siap dipanen yakni dengan melihat bagian kulit buah mangga tersebut. Waktu masih mudah, kulit mangga agak agak lumayan kasar, namun setelah tua maka kulit buahnya menjadi lebih halus dan setelah mengkal, maka kulit buah mangga lebih halus lagi dan mengkilat.

Pohon Mangga
Pohon Mangga Berbuah. Photo original by: Wahid Priyono (tipspetani.com).

 

Pada kulit buah mangga yang sudah tua dan mulai memberi tanda-tanda kematangan pada buah, biasanya kulit buahnya berwarna keabu-abuan, agak kekuningan, dan jika diketok-ketok pada bagian buahnya akan sangat keras, dan muncul bau khas yang harum jika buah mangga sudah tua dan matang.

Cara lain untuk mengenal/mengetahui buah mangga yang sudah tua yaitu petik saja buah mangganya, lihat apakah pada tangkai buahnya terdapat getah berwarna putih yang banyak atau sedikit. Jika getahnya sedikit, berarti buahnya sudah tua, dan sebaliknya kalau getah pada tangkai buahnya banyak, maka masih berpeluang bahwa buah mangganya masih relatif muda.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca juga: Cara Mengetahui Buah yang Sudah Matang dan Siap Petik.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *