Cara Mengetahui Buah Jeruk Sudah Matang dan Tua Siap Dipetik

Mengetahui ciri morfologis suatu tanaman memang sangat penting, karena ini juga merupakan bagian dari tugas seorang petani yang tidak hanya cukup menanam saja. Termasuk bagaimana seorang petani harus mengetahui tentang ciri/karakteristik dari buah jeruk sudah matang dan tua siap dipetik/dipanen.

Dalam pemanenan buah jeruk harus dilakukan secara baik dan benar, serta tidak merusak pada bagian buah yang masih muda, sehingga dalam pemanen buah jeruk harus memetik buah yang sudah tua dan atau sudah matang langsung dari pohonnya.

Jeruk Manis
Buah Jeruk Sudah Matang. Photo original by: Wahid Priyono (tipspetani.com).

Adapun ciri dari buah jeruk yang sudah tua adalah, jika dipencet pada bagian kulit buahnya maka biasanya akan terasa empuk, dan jika kulitnya digaruk dengan kuku maka akan mengeluarkan cairan yang beraroma wangi. Cairan yang diluarkan oleh kulit jeruk tersebut biasanya sering pedas jika terkena mata.

Buah jeruk yang sudah tua juga terlihat dari warna kulit buah yang mulai berwarna kuning langsat, hijau tua kekuningan, atau warna khas dari masing-masing varietas jeruk. Tangkai buah biasanya berwarna cokelat muda atau cokelat tua, dan pastikan bahwa buah yang dipetik adalah buah yang benar-benar sudah tua dan hampir matang.

Karena biasanya untuk alasan penjualan jarak jauh, biasanya para petani jeruk memetik jeruk di kebun mereka yaitu buah jeruk yang tua, atau setengah matang. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mencegah kemungkinan terjadinya kebusukan buah dalam skala besar saat diangkut/didistribusikan dari satu tempat ke tempat lainnya. Semoga informasi di atas berguna untuk anda. Jangan lupa baca juga:  Cara Mengetahui Buah Mangga Sudah Tua dan Siap Dipanen.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *