Cara Mengatasi Tanaman Cabe Gampang Roboh dan Terserang Hama Penyakit

Budidaya cabe pasti memiliki tantangan tersendiri. Apalagi pada saat cuaca ekstrem, bisa karena disebabkan oleh angin kencang, curah hujan terlalu tinggi, atau gangguan hewan-hewan herbivora, hama, serta penyakit yang merugikan bagi tanaman cabe itu sendiri.

Umumnya, curah hujan tinggi maupun angin kencang bisa menyebabkan tanaman cabe mengalami kerobohan. Selain kerobohan, faktor yang menjadi kendala dari pertanian cabe menjadi kurang/tidak sama sekali optimal bisa karena faktor penyakit dan juga hama yang seringkali menyerang pada tanaman cabe.

Untuk mencegah/mengatasi supaya tanaman cabe tidak roboh maka pada saat penanaman cabe sebaiknya senantiasa untuk memberikan tiang ajir/tiang penyangga supaya tanaman cabe tidak roboh. Sementara itu, untuk mencegah tanaman cabe dari serangan hama dan penyakit bisa mengaplikasikan kegiatan intensifikasi, diversifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

Tanaman Cabe Supaya Tidak Roboh Diberi Tiang Ajir
Tanaman Cabe Supaya Tidak Roboh Diberi Tiang Ajir, Photo Kontributor: Muslehudin. Uploading: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).
Upaya intensifikasi, diversifikasi, dan ekstensifikasi merupakan langkah tepat untuk meningkatkan hasil pertanian pangan dan hortikultura. Selain itu, dalam hal mengatasi tanaman cabe dari hama dan penyakit bisa ditempuh dengan cara menyemprotkan beberapa Liter pestisida untuk mengusir hama dan penyakit. Namun dalam aplikasinya tetap harus mengikuti dosis dalam pemakaian beberapa jenis obat dan pestisida pertanian.

Selain itu, jangan lewatkan untuk selalu memakai mulsa plastik pada bagian permukaan atas lahan bedengan, agar selain penyerapan nutrisi terfokus pada tanaman utama (yang dibudidaya), juga akan memperlambat dalam proses perkembangan larva pada hama yang patogen (menimbulkan dampak buruk/negatif bagi tanaman budidaya).

Untuk panduan dalam pemberian tiang ajir silakan baca artikel berikut ini: Manfaat Pemberian Tiang Ajir dan Mulsa Pada Tanaman Cabe.

Selain itu, anda juga bisa mempelajari tentang bagaimana: Cara Agar Tanaman Cabe Tidak Mudah Ambruk/Roboh Ditiup Angin Kencang (semoga bermanfaat).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *