Cara Mengatasi Tanaman Cabe biar Tidak Terserang Hama dan Penyakit

Ada banyak teknik penting yang dilakukan oleh para petani cabe untuk mencegah agar tanaman cabe tidak terserang hama dan juga penyakit. Beberapa petani tentu saja mempunyai teknik/metodenya masing-masing, dan memang setiap metoda itu pasti ada sisi keunikan tersendiri, dan setiap aplikasi/eksperimen pasti ada hal-hal yang mengejutkan.

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabe memang menjadi musuh bagi para petani di Indonesia, karena hama dan penyakit ini telah terbukti menyebabkan kegagalan panen atau bisa menurunkan produktivitas hasil pertanian cabe (saat dipanen nantinya).

Jenis penyakit yang sering menyerang cabe adalah antraknosa, karat daun, dan beberapa disebabkan karena hama penggerek batang, ulat grayak yang juga seringkali menyerang pada bagian organ daun dan tunas yang sedang muncul. Dan masih banyak lagi hama dan penyakit yang seringkali menyerang tanaman cabe.

Pohon Cabe Berbuah Lebat
Pohon Cabe Berbuah Lebat, Photo by: Ichin Sembalun

Adapun cara yang digunakan petani untuk mengatasi tanaman cabe agar tidak terserang hama dan juga penyakit yaitu ditempuh dengan menggunakan pestisida sesuai dengan gejala dan penyakit yang menyerangnya.

Namun, ada cara alamiah supaya tanaman cabe tidak terserang hama dan juga penyakit, yaitu dengan menggunakan mulsa plastik. Mulsa plastik yang diletakkan di atas lahan bedengan ternyata selain mampu menahan unsur hara supaya tidak hilang sewaktu terkena air hujan dalam jumlah banyak, ternyata mulsa plastik juga ampuh dalam mengusir hama dan penyakit.

Analisisnya seperti ini, pada saat cahaya matahari terik, maka secara otomatis mulsa plastik tersebut akan terkena sinar dan sinar cahaya tersebut akan dipantulkan ke arah atas organ tanaman, sehingga hama-hama tidak betah untuk tinggal di sekitaran organ tanaman cabe.

Cara alami lainnya untuk mengatasi tanaman cabe yang terserang hama yaitu dengan menggunakan kristal Bt (yang berasal dari bakteri Bacillus thrungiensis) yang telah dikristalkan. Bakteri Bt ini sangat bagus dalam membunuh hama dalam jumlah yang tepat dan sehingga tanaman cabe akan terbebas dari hama dan penyakit, terutama hama ulat. Kristal Bt telah dikomersilkan dan dijual di toko-toko pertanian yang menyediakannya.

Itulah tadi penjelasan tentang “cara mengatasi tanaman cabe agar tidak terserang hama dan penyakit”. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *