Cara Mencegah Tanaman Cabe, Timun, Tomat dari Gulma Secara Alami

Untuk mencegah/menanggulangi/menangani tanaman mentimun, cabe, dan tomat dari pertumbuhan gulma yang banyak, maka langkah yang harus anda siapkan adalah mengambil beberapa tumpuk tanaman ilalang yang baru diambil lalu diletakan di atas lahan yang ada gulmanya. Biarkan ilalang tersebut menjadi kering dan tetap ada di lahan mentimun/cabe/tomat anda hingga panen.

Zat Alelopati Pada ilalang
Zat Alelopati pada Ilalang Mencegah Pertumbuhan Gulma Pada Tanaman Cabe (Photo Hasil Praktek Saya)

Perlu anda ketahui bahwa, tanaman ilalang (nama latin: Imperata cylindrica) ini mengandung suatu senyawa kimia yang disebut “zat alelopati“. Senyawa/zat alelopati ini tidak disukai oleh gulma, sehingga gulma tidak akan mampu tumbuh dan berkembang jika di lahan mentimun/cabe/tomat anda terdapat tumpukan ilalang. Silakan anda mencoba ya bapak/ibu tani, semoga berhasil.

Dan tentu saja saya akan ikut senang jika anda berhasil mengaplikasikan cara saya di atas. Sederhana kan? Silakan Baca juga: Cara Ampuh Menghambat Pertumbuhan Gulma dengan Alang-Alang yang Dikeringkan. Dan silakan baca juga ulasan pertanian dari saya tentang: Siklus/Daur Fosfor di Alam Beserta Penjelasannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *