Cara Menanggulangi Gulma Liar Pada Tanaman Budidaya Pertanian/Hortikultur

Menanggulangi gulma liar pada tanaman budidaya pertanian/hortikultur merupakan pekerjaan yang harus dilakukan petani. Hal ini tentu saja bertujuan supaya lahan tanam/bedengan menjadi bersih, setidaknya terbebas dari gulma/rumput liar yang mengganggu laju pertumbuhan tanaman.

Tanaman Jagung Dipenuhi Gulma dengan Sistem Tanpa Olah Tanah
Tanaman Jagung Dipenuhi Gulma dengan Sistem Tanpa Olah Tanah. (tipspetani.com).

Gulma liar pada tanaman budidaya bisa menjadi vektor dan inang bagi serangga/hama/penyakit untuk tumbuh dan berkembang. Dan biasanya memang telur/larva hama ini menempel dan bergantungan pada daun tanaman budidaya. Jika tidak diatasi secara biologis maupun kimiawi menggunakan insektisida, maka akan semakin parah serangannya.

Beberapa jenis gulma rumput dan gulma berbatang basah seperti krokot sering menghabiskan unsur hara dalam jumlah melimpah. Alhasil, tanaman budidaya rentan mengalami defisiensi/kekurangan unsur hara. Akibatnya tanaman tumbuh kurus, kerdil, pertumbuhan lambat, organ tanaman sulit terbentuk secara sempurna, jumlah daun sedikit, jumlah buah sedikit, dan lain sebagainya.

Cara mencegah, mengatasi atau menanggulangi/penanggulangan gulma pada tanaman budidaya pertanian/hortikultur yaitu dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut:

  • Lakukan penyiangan dini pada tanaman budidaya. Hal ini merupakan pengantar bagi tanaman untuk tumbuh secara optimal. Penyiangan dini dilakukan untuk mencegah sedini mungkin supaya lahan tanam menjadi lebih bersih, sehingga terbebas dari hama di kemudian hari;
  • Lakukan pengoretan pada tanaman budidaya. Mengoret rumput-rumput liar/gulma juga harus diiringi dengan pencabutan hingga pada bagian akarnya. Akar gulma yang tidak dicabut akan tumbuh dan berkembang menjadi tunas dan seterusnya tumbuh sampai dewasa;
  • melakukan penyemprotan herbisida merupakan langkah terakhir jika gulma yang menyerang lahan tanam semakin banyak dan sulit ditangani.

Ketiga langkah di atas merupakan cara paling jitu mengusir gulma dari lahan tanam. Sebab, bagaimanapun juga lahan tanam yang bersih adalah salah satu kunci sukses bagi tanaman untuk produktivitas yang baik. Pastikan selalu lahan tanam anda bersih dari gulma, selamat mencoba. Silakan baca juga: Fungsi dan Peranan Hormon Asam Traumalin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *