Cara Menanam Buah Naga dalam Pot Besar / Polybag

Dalam budidaya buah naga baik di lahan terbuka/perkebunan dan di wadah pot/polybag tentu saja sangat mudah asal ada kemauan. Ketekunan dalam budidaya buah naga adalah kunci sukses untuk memperoleh tanaman yang produktif, serta mampu menghasilkan buah naga yang cepat berbunga dan berbuah. Berikut ini teknik/metode/cara singkat membudidaya buah naga di wadah dalam pot/polybag:

1. Pilih Pot Yang Tepat

Langkah pertama adalah menyiapkan pot terlebih dahulu. Ada beberapa macam jenis pot yang tersedia di pasaran mulai dari pot bahan semen, plastic, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Namun untuk cara menanam buah naga, Anda dapat memakai pot yang terbuat dari bahan tanah liat, karena buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Semakin besar ukuran pot maka akan semakin baik, Anda dapat menggunakan pot dengan minimal diameter 40cm.

Cara merawat pohon buah naga yang baik dan benar
pohon buah naga berbuah lebat

2. Pasang Tiang Panjatan/Tiang Ajir

Siapkan tiang panjatan (ajir), karena buah naga membutuhkan tiang penopang untuk menahan beberapa cabang produksi agar tidak roboh. Tiang ini nantinya akan dililit oleh beberapa pohon buah naga pada saat penanaman pertama. Cari tiang panjatan yang kuat, bisa terbuat dari besi atau kayu yang kokoh.

3. Sesuaikan Media Tanamnya

Menyiapkan media tanam, Anda dapat menyiapkan media untuk menanam buah naga yaitu pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Setelah semuanya siap, Anda dapat menyiramnya dengan air sampai kondisi jenuh. Biarkan kurang lebih sehari semalaman sebelum Anda mulai menanam buah naga.

4. Pilih Bibit yang Berkualitas Baik

Pemilihan dan penanaman bibit, Anda dapat memilih bibit dari batang yang besar dan sudah tua dan pastikan bibit tersebut bebas dari penyakit. Bibit buah naga biasanya memiliki panjang ideal 30 cm dan kemudian ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm. Setelah Anda menanam buah naga tekan-tekan sedikit tanah sekitar bibit agar tidak mudah roboh. Selanjutnya siram dengan air dan letakkan pot ditempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung. Sebab, dari hasil aplikasi di lapangan, bahwa pohon buah naga yang lebih banyak mendapatkan cahaya matahari maka akan pohon naga mudah cepat buah lebat.

Itulah tadi cara/teknik/metode dalam budidaya buah naga di wadah pot polybag/lahan terbuka, semoga bermanfaat untuk anda. Silakan baca juga artikel berikut ini: 5 Cara Agar Buah Naga Berbuah Terus Tanpa Henti-Hentinya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *