Cara Memupuk Terong Ungu dan Terong Lalap Secara Baik dan Benar

Terong adalah jenis tanaman dari suku terong-terongan (solonaceae). Tanaman ini sangat mudah dibudidaya di berbagai jenis lahan, karena tanaman ini juga tidak begitu manja. Pada tanah jenis lempung berpasir, produksi buah terong akan semakin melimpah. Tanah lempung berpasir sering dijumpai pada lahan-lahan di persawahan, di area perbukitan, dan pegunungan.

Dalam budidaya terung/terong ungu/terong lalap/jenis terong lainnya, ada salah satu cara perawatan tanaman, yakni dengan cara pemupukan terung ungu.

Tanaman Terong
Tanaman Terong Mulai Berbuah. Photo Original by: Wahid Priyono (tipspetani.com).

Pemupukan pada tanaman terong ungu bertujuan untuk memberi suplai nutrisi/unsur hara kepada tanaman, supaya proses pertumbuhan serta perkembangan berjalan optimal, serta tanaman akan lebih sehat, kuat, dan tidak gampang terserang penyakit.

Pada kondisi cuaca ekstrem, sebagai contoh curah hujan tinggi, terkadang kandung air di dalam tanah menjadi tinggi, dan tentu saja ini berdampak buruk bagi tanaman terong ungu, terlebih jika dalam pembudidayaannya tidak terawat secara benar.

Pemupukan terong lebih baik menggunakan dua jenis pupuk, yang pertama yaitu memakai pupuk organik, dan yang kedua menggunakan pupuk anorganik.

Pupuk organik yang dipakai yaitu pupuk dari kotoran ternak yang dikeringkan (pupuk kandang). Pupuk kandang yang baik adalah pupuk dari kotoran ayam/itik, pupuk kotoran sapi dan kambing. Pupuk-pupuk tersebut diberikan pada tanaman yang dalam masa semai, kira-kira umur 20 hst sejak pembenihan hingga tanaman mulai menghasilkan bunga. Saat tanaman telah menghasilkan bunga-bunga, maka pemupukan secara anorganik harus digencarkan. Dalam hal ini pupuk anorganik yang paling bagus agar terung ungu berbuah lebat yakni memakai pupuk phonska.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara pemupukan pada tanaman terung ungu. Semoga bermanfaat untuk anda. Untuk menambah wawasan anda, silakan baca artikel berikut ini: Cara Merawat Pohon Terong Agar Berbuah Selebat-Lebatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *