Cara Mempercepat Tumbuhnya Akar pada Cangkok Batang

Mencangkok batang tanaman merupakan cara perbanyakan tanaman secara vegetatif tanpa biji. Dalam kegiatan menyangkok syaratnya harus dari tanaman produktif yakni mempunyai riwayat tanaman yang menghasilkan banyak buah, bebas penyakit, batangnya kokoh dan keras, serta berasal dari indukan yang berkualitas (unggul). Adapun jenis tanaman yang dicangkok harus berasal dari tanaman dikotil atau setidaknya mempunyai kambium. Contoh tanaman yang bisa dicangkok yakni mangga, jeruk, apel, alpukat, sawo, rambutan, belimbing, jambu air, dan lain sebagainya.

jambu madu deli
Jambu madu deli berasal dari bibit cangkok organik. (Photo Kontributor oleh: Nuning Nurcahyani, Dosen Biologi FMIPA Universitas Lampung)

Waktu mencangkok batang tanaman biasanya terbilang cukup lama, hingga lebih dari 3 bulan barulah sudah tumbuh akar di sekitar batang yang dicangkok tersebut. Namun, ada teknik khusus yang belum banyak orang tahu yakni bagaimana cara mempercepat pertumbuhan akar pada cangkok batang tanaman?. Jadi, untuk merangsang percepatan tumbuh akar cangkok bisa dilakukan dengan penggunaan media dari serabut kelapa yang dicelupkan pada larutan pupuk NPK. Caranya: buat larutan NPK, yakni ambil 3 sendok pupuk NPK kemudian campurkan dengan air hingga larut. Setelah itu, masukan serabut kelapa (sepet) ke dalam larutan dan biarkan hingga 3 hari sampai benar-benar larutannya meresap di serabut kelapa tersebut. Setelah itu, bisa langsung digunakan untuk membungkus batang cangkok. Untuk media tanah sebaiknya menggunakan campuran tanah dan kompos ( tanah : kompos = 3: 1). Pastikan bahwa tanahnya selalu lembab (disiram secara berkala). Selamat mencoba, sebab biasanya baru 1 bulan sudah nongol akarnya dalam jumlah banyak dan siap dipotong lalu ditanam di lahan terbuka (halaman rumah, kebun, dan lahan pekarangan). Silakan anda baca juga: Pembersihan Gulma dari Lahan Bedengan Sangatlah Penting.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *