Cara Memilih Mulsa yang Bagus untuk Membudidaya Tanaman Pertanian

Mulsa merupakan perangkat pertanian yang umumnya digunakan untuk melapisi bagian atas dari sebuah lahan bedengan. Dikenal dua macam jenis mulsa, yaitu mulsa organik dan mulsa anorganik. Mulsa organik yaitu jenis mulsa yang diperoleh dari serat-serat/dedaunan tanaman yang sudah tak terpakai. Biasanya mulsa organik menggunakan jerami padi, dan ini bisa kita lihat pada seorang petani yang membudidaya semangka di kebunnya. Pada pertanian sawit juga sering menggunakan mulsa organik, dan pertanian lada, cabai, kopi.

Fertile Chili Tree with Fruitful Harvest.
Tanaman Cabai Berbuah Lebat di Lahan Bedengan Bermulsa (tipspetani.com).

Sementara itu, mulsa anorganik umumnya dibuat oleh pabrik, dan bentuknya berupa lembaran plastik. Mulsa plastik ada yang berwarna perak dan hitam. Semuanya mempunya keuntungan masing-masing, namun menurut para petani mulsa yang bagus yakni mulsa perak.

Mulsa berwarna perak adalah jenis mulsa yang paling bagus untuk kepentingan pertanian. Adapun manfaat mulsa plastik warna perak adalah:

  • Mudah menyerap panas/cahaya matahari;
  • Efek cahaya yang dipantulkan ke bagian mulsa plastik akan mampu mengusir hama dan penyakit pada tanaman;
  • Mampu menjaga kelembaban tanah secara menyeluruh;
  • Mencegah erosi hara akibat pencucian oleh air hujan;
  • Mempertahankan kandungan air di dalam tanah dan sekitar akar tanaman;
  • Mencegah tanaman dari dehidrasi akibat kekurangan air;
  • Membantu mempertahankan wilayah mikroorganisme tanah sebagai pembantu menyuburkan tanah.

Sehingga, bagi bapak/ibu tani sangat penting sekali memilih mulsa plastik untuk perangkat budidaya pertanian. Dan rekomendasi dari saya sebagai penulis, maka gunakan mulsa plastik warna perak. Mulsa jenis ini sangat bagus terutama mampu mengusir hama jika mulsa terkena cahaya matahari. Semoga bermanfaat. Silakan baca juga: Pohon Cabe Kekurangan Unsur Hara Tertentu, Apa Akibatnya?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *