Cara Membuat Benih Mentimun dari Buah yang Telah Matang

Tidak selama sebagai seorang petani anda harus membeli bibit mentimun langsung ke toko bibit tanaman hortikultur buah maupun sayur mayur.

Bibit-bibit tersebut sebenarnya bisa diperoleh secara langsung dari pohon tanaman yang menghasilkan biji, atau bisa juga dilakukan pembibitan tanaman melalui perkembangbiakan secara vegetatif buatan maupun vegetatif alami. Vegetatif alamiah pada tanaman dapat melalui stek batang, menempel, menyambung, tunas adventif, rhizom, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, pada pembahasan kali ini kita akan fokus membahas cara membuat benih mentimun dari kebun sendiri secara generatif (dari biji).

Jika sudah memiliki kebun mentimun sendiri, maka sebenarnya anda sudah bisa menyiapkan kira-kira dari sekian banyak buah mentimun: Ciri-Ciri Buah Mentimun yang Cocok Dijadikan Bibit Tanam Generatif.

Buah Mentimun Produktif Siap Dijadikan Bibit Tanam

Buah Timun Siap Dijadikan Bibit Tanam, Photo Original by: Wahid Priyono, S.Pd. (guruilmuan.blogspot.co.id).

Bibit produktif tentu saja berasal dari tanaman yang mampu menghasilkan buah timun berkualitas tinggi, dan dari segi buah yang dihasilkan begitu sempurna. Sebagai referensi anda penting sekali membaca artikel berikut:

Jika anda telah mengetahui ciri-ciri/karakteristik buah mentimun yang siap dijadikan bibit generatif untuk ditanam pada periode berikutnya, maka sekarang tugas anda harus bisa membuat benih mentimun langsung dari buah tua yang telah anda ambil dari kebun milik anda sendiri. Panduan lengkapnya, bisa anda baca pada artikel: Cara Membuat Benih Mentimun Sendiri Dari Buah Yang Telah Masak.

Dua link artikel yang saya berikan di atas, jika dibaca secara ikhlas dan diterapkan, maka insya Allah anda akan mampu membuat bibit mentimun dari kebun sendiri. Selamat mencoba semoga berhasil. Baca juga artikel terkait klik: Cara Budidaya Mentimun Organik Agar Cepat Berbuah Lebat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *