Cara Membersihkan Gulma Pada Tanaman Kacang Panjang dan Kacang Tanah

Membudidaya tanaman akan lebih bagus jika dilakukan pemeliharaan pada tanaman. Salah satu bentuk pemeliharaan tanaman budidaya yakni penyiangan. Penyiangan ini berfungsi untuk menghilangkan gulma supaya tidak berkembang yang berakibat negatif bagi tanaman induk.

Membersihkan gulma pada lahan bedengan adalah cara terbaik agar tanaman induk (tanaman yang dibudidaya) terbebas dari kemungkinan munculnya organisme parasit membahayakan tanaman, seperti hama, penyakit yang diakibatkan jamur/fungi/cendawan parasit. Karena bagaimanapun juga gulma adalah sarang bagi tempat tumbuh dan berkembangnya larva serangga/hama.

Bakteri Rhizobium pada akar tanaman kacang-kacangan
Tanaman Kacang Tunggak Sedang Ditumbuhi Gulma Perlu Dikoret. Photo by: Wahid Priyono (Tipspetani.com).

Gulma sebagian besar menjadi parasit bagi tanaman, dan keberadaannya tentu saja tidak diinginkan petani dan tanaman. Gulma ini bertindak sebagai “kompetitor” bagi tanaman, sehingga bisa terjadi persebutan nutrisi dari keduanya (tanaman induk vs gulma). Akibat kompetisi yang terjadi dari kedua tanaman tersebut adalah terjadinya mall nutrien/defisiensi unsur hara/kekahatan unsur hara. Kekahatan unsur hara pada tanaman bisa saja terjadi, sebab ada salah satu pihak yang dirugikan.

Sebagian besar pertanian di Indonesia sering ditunggangi gulma sebagai musuh yang turun temurun. Keberadaan gulma ini harus disingkirkan, supaya produktivitas panen tetap meningkat.

Berikut ini disajikan cara membersihkan gulma pada tanaman kacang panjang kacang tanah:

  • Pada tanaman kacang panjang dan kacang tanah, atau tanaman kacang-kacangan lainnya, memang sering sekali dipenuhi gulma jika tidak dirawat. Jenis gulmanya pun bukan gulma biasa, tapi jenis krokot, alang-alang/ilalang, dan lainnya;
  • Cara membersihkannya yaitu dengan menggunakan alat pengoret/penyiangan, seperti pencong tajam;
  • Dengan memakai pencong, koret gulma sampai pada akarnya, jangan sampai ada akar/rimpang/stolonnya yang tertinggal. Biasanya pada rumput ilalang, stolon/rimpang bisa saja tertinggal dan akan tumbuh lagi. Oleh karena itu penyiangan dini penting dilakukan;
  • Setelah dikoret sampai lahannya bersih, selanjutnya kumpulkan gulma dalam satu wadah (karung bekas, bakul, kotak sampah, dll);
  • Bakar gulma sampai menjadi abu.

Itulah cara membersihkan gulma pada tanaman kacang panjang dan kacang tanah. Semoga informasi di atas berguna untuk anda, silakan pelajari cara merawat tanaman berikut: Cara Membersihkan Gulma Pada Tanmaan Mentimun dan Gambas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *