Cara Memanen dan Memetik Buah Pepaya California yang Baik dan Benar

Membudidaya pepaya california memang terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh semua kalangan profesi. Saat ini, pepaya california menjadi buah yang sangat disukai masyarakat. Selain kandungan gizinya yang cukup, buah ini seringkali digunakan untuk buah pencuci mulut.

Pada umumnya, ketika umur 3 bulan, pohon pepaya kalifornia sudah mulai berbunga. Buah pepaya california mulai panen kisaran umur 6,5 – 7 bulan ke atas.

Pepaya California Siap Dipanen
Pepaya California Siap Dipanen (Tipspetani.com)

Adapun ciri-ciri buah pepaya california yang sudah siap dipanen antara lain sebagai berikut:

  • Tangkai buahnya sudah mulai mengecil dari sebelumnya. Dan biasanya jika dipangkas akan mengeluarkan sedikit getah yang berwarna putih;
  • Ukuran buahnya sudah ideal, dan umumnya buah pepaya california berukuran lonjong. 1 buah bisa mencapai berat 1-2 kg;
  • Warna kulitnya sudah agak menguning, atau hijau tua. Dan kebanyakan petani pepaya memetiknya saat masih tua dan belum terlalu matang dari pohonnya.

Dari kebanyakan petani pepaya california yang saya coba temui, umumnya para petani pepaya california memanennya saat tanaman berumur kisaran 6,5 bulan ke atas. Periode panen dipetik sebanyak 4 kali per minggu. Cara memanen dan memetik buah pepaya california dilakukan secara bergilir, dipilih/disortasi kira-kira mana pepaya yang sudah tua (mengkel). Dalam 1 hektar lahan pepaya dengan pemetikan 4 kali per minggu dapat dihasilkan 2 – 4 ton pepaya siap jual. Pepaya yang sudah tua biasanya akan ada pada bagian bawah batang. 1 pohon pepaya california dapat mencapai 30 lebih buah. Bayangkan saja jika anda memiliki 100 pohon pepaya california, maka bisa berton-ton buah yang siap anda jual.

Pemetikan buah pepaya california dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang memetiknya menggunakan “songgo” berupa bambu yang pada ujungnya berbentuk setengah kerucut yang berfungsi untuk menjaga agar buah tidak jatuh/lecet saat dipanen. Dan sebaiknya pemanenan bisa menggunakan pisau yang tajam. Pilih buah pepaya california yang sudah tua/matang dari pohonnya. Potong bagian tangkai buah pepaya secara hati-hati agar tidak mengenai tangkai buah yang lainnya. Jika buah sudah dipetik, kemudian buah dimasukkan ke dalam keranjang/karung khusus untuk penyimpanan sementara. Kemudian buah tersebut dibersihkan/dicuci di aliran sungai, baru kemudian nantinya dilakukan pengemasan dengan diberi label baru selanjutnya dijual di pasaran. Semoga bermanfaat informasi di atas. Silakan baca juga: 15 Keunggulan Menanam Pepaya California yang Orang Tidak Tahu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *