Cara Alami Mengatasi Tanaman Cabe & Tomat terkena Penyakit Layu Fusarium

Penyakit layu fusarium merupakan jenis penyakit yang paling umum terjadi pada tanaman cabe dan tomat. Namun, penyakit ini juga tidak terbatas pada tanaman cabe saja, sebab tanaman hortikultura yang lain juga bisa terserang. Tanaman tomat, cabe, merupakan tanaman yang paling sering terserang layu fusarium.

Layu fusarium disebabkan oleh Fusarium sp. Serangannya biasanya pada organ batang muda atau bagian daunnya. Dan umumnya jika tanaman terserang layu fusarium bisa mengalami kelayuan mendadak pada organnya. Lebih parahnya, jika sudah mewabah lama akan menyebabkan kematian pada tanaman secara keseluruhan.

Fertile Chili Tree with Fruitful Harvest.
Tanaman Cabe Sehat Tidak Terkena Layu Fusarium. (KPCI)

Sebenarnya untuk mencegahnya/mengobat penyakit layu fusarium itu sangat mudah. Layu pada tanaman cabe itu disebabkan oleh jamur Fusarium sp. Jamur ini biasanya akan muncul karena pupuk kandang yang tidak melalui proses fermentasi. Cara untuk mencegahnya, anda bisa membeli jamur Tricoderma yang dijual di pasaran (di toko pertanian). Harga jamur tricoderma memang agak mahal, tapi anda membuatnya sendiri, sebab teknik/caranya sangat gampang dan pasti bisa. Berikut ini resep atau cara alami mengatasi tanaman cabe & tomat terkena penyakit layu fusarium. Caranya sangat mudah dan simpel, tentunya mudah anda terapkan. Simak baik-baik caranya di bawah ini:

Cukup anda siapkan nasi yang mau busuk atau sudah semalaman. Kemudian masukkan nasi tersebut pada belahan bambu yang masih hijau (di ruasnya) kemudian ikat sampai rapat. Selanjutnya timbun di tanah yang subur, dan tunggu sampai satu minggu. Jika sudah muncul jamur seperti jamur tempe, maka jamur itu siap disemprotkan pada tanah, pupuk kandang. Lalu setelah itu aplikasikan pada tanaman yang terkena layu fusarium tersebut. Mudah-mudahan setelah satu pekan aplikasi, hasil tanaman cabe tidak layu lagi. Selamat mencoba semoga berhasil. Silakan baca juga: Solusi Mengatasi Tanaman Cabe yang Layu (Layu Fusarium).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *