Cara Adaptasi Bibit Semai Cabe Lado F1 – Merah

Penyemaian bibit cabe merah lado f1 bertujuan agar mendapatkan tanaman muda produktif yang mampu tumbuh subur dan pada akhirnya menghasilkan buah lebat. Dengan begitu, maka hasil produktivitas panen cabe dapat ditingkatkan secara signifikan.

Penyemaian bibit/biji cabe merupakan kegiatan perbanyakan tanaman secara generatif. Dikatakan perkembangbiakan secara generatif karena menggunakan biji sebagai sarana untuk mendapatkan tanaman baru.

Biji cabe yang disemai secara otomatis akan mengalami perkecambahan biji. Dimana pada perkecambahan biji tersebut akan terbentuk beberapa bagian utama; akar (radikula), serta plumula yang merupakan bagian dari cikal bakal terbentuknya daun dan tunas pada batang tanaman.

Cabe Merah Lado F1 Dalam Tahap Pembibitan

Cabe Merah Lado F1 Dalam Tahap Pembibitan, Hak Cipta Photo Oleh: Wahid Priyono (tipspetani.com).

Bibit cabe yang baru disemai tentu saja harus beradaptasi dengan kondisi tanah, suhu/temperatur lingkungan setempat, kelembaban udara, air, serta unsur-unsur hara penting yang terdapat di dalam tanah.

Namun, jika proses fisiologis dan adaptasi tanaman kurang, maka tanaman bisa jadi akan mengalami gangguan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, bibit semai cabe merah lado f1 ini sangat sensitif dengan kadar garam tinggi yang terkandung dalam tanah, maka dari itu media tanam yang digunakan harus cocok bagi pertumbuhan benih yang disemai.

Saya sangat merekomendasikan bagi anda yang hendak menyemai cabe jenis apapun untuk senantiasa menggunakan bahan-bahan pupuk organik, misalnya pupuk alamiah dari sisa jerami padi yang membusuk (kompos serat batang), pupuk hayati, pupuk dedaunan, pupuk kandang yang dicampur dengan tanah liat sebagai media untuk penyemaian benih.

Intensitas penyiraman harus disesuaikan dengan umur tanaman cabe, termasuk juga dalam hal pemberian pupuk sesuai dosis/umur tanaman. Dan saran saya lagi, sebaiknya gunakan juga pupuk organik untuk diberikan pada tanaman yang masih dalam penyemaian, karena terbukti bahwa pupuk organik tersebut bagus untuk menunjang dalam  proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe yang dibudidaya.

Oleh karena itulah, dalam penyemaian bibit cabe jenis apapun, termasuk cabe lado F1, maka sangat penting juga bagi seorang petani untuk mengetahui syarat tumbuh tanaman yang hendak dibudidaya, bagaimana pH yang cocok bagi pertumbuhan serta tingkat kelembaban tanah dan juga bagaimana media yang bagus (pas) untuk pertumbuhan tanaman tersebut.

Dengan mempertimbangkan keadaan yang telah disebutkan di atas, maka akan sangat dijamin bahwa upaya yang dilakukan petani dalam penyemaian benih cabe akan berhasil. Karena tidak ada keberhasilan tanpa upaya yang terencana. Silakan baca juga: Cara Semai Cabe Steril Pro, Dihasilkan Tanaman Serentak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *