Budidaya Pisang: Pemilihan dan Penyediaan Bibit Unggul Pisang

Bibit anakan

Tanaman pisang selalu diperbanyak secara vegetatif dengan memakai anakan (sucker) yang tumbuh dari bonggolnya. Ada empat jenis anakan pisang seperti diuraikan berikut.

  1. Bibit rebung berupa tunas yang belum berdaun sehingga menyerupai rebung. Bibit dengan tinggi antara 20 – 40 cm ini disebut juga tunas anakan.
  2. Bibit anakan berupa tunas yang daunnya telah keluar tetapi masih menggulung sehingga berbentukseperti pedang dengan tinggi antara 41 – 100 cm.
  3. Bibit anakan sedang dengan tinggi antara 101 – 150 cm.
  4. Bibit anakan dewasa berupa tunas yang berdaun mekar lebih dari dua helai, tingginya antara 151 – 175 cm.

Di antara bibit anakan, bibit anakan dewasa biasanya paling cepat menghasilkan buah diikuti bibit anakan sedang, anakan muda, dan tunas anakan. Bibit anakan tunas jarang dipergunakan sebagai bibit, sebab pertumbuhannya lambat, serta peka terhadap kekeringan dan ulat penggerek batang pisang. Bibit anakan muda yang berdaun lebar juga tidak baik untuk bibit.

Pohon Pisang Telah Berbuah dalam Tandannya
Pohon Pisang Telah Berbuah dalam Tandannya, Photo Original by: Wahid Priyono

Bibit pisang hendaklah dipilih dari rumpun yang baik dan sehat. Anakannya dibongkar dengan menggunakan pacul atau linggis. Usahakan agar pohon induk tidak rusak. Akar dan daunnya dibuang. Pada bonggol tidak boleh ada bercak cokelat atau hitam, demikian pula lobang bekas serangan hama. Bercak cokelat atau hitam itu adalah tanda bahwa tanaman telah terserang penyakit. Setelah diberi perlakuan air panas, bibit sebaiknya dibiarkan selama 1 – 2 hari di tempat teduh dan lembap.

Tabel pengaruh bibit terhadap produksi pisang ambon

Macam bibit Umur buah Produksi buah
Belahan bonggol (bit)

Tunas rebung

Anakan dewasa

Anakan sedang

Anakan muda

529

594

523

548

552

17,80

10,80

15,50

15,00

14,10

Sumber tabel: Hendro Sunaryono, 1987.

Daftar Pustaka:

Satuhu, Suyanti dan Supriyadi, Ahmad. 2005. Pisang, Budidaya Pengolahan dan Prospek Pasar. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sunaryono, Hendro. 1985. Pengenalan Jenis-jenis Tanaman Buah-Buahan dan Bercocok Tanam Buah-Buahan Penting di Indonesia. Bandung: Sinar Baru.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *